Bamboo Rafting, Sarana Penghilang Jenuh Ibukota di Atas Air

Dilihat 384 kali

Sudah pada tahu rafting kan? Ya, betul. Rafting adalah olahraga air dengan menggunakan perahu karet, dayung, dan perlengkapan keamanan yang lain, dengan cara menyusuri sungai yang berarus deras. Tapi lain halnya dengan bamboo rafting di Loksado, Kalimantan ini.

Seperti namanya, bamboo rafting, kita sudah bisa tahu jika rafting ini tidak menggunakan perahu karet, melainkan perahu bambu. Biasanya sih kalo di Jakarta dibilangnya getek, jadi bisa dibilang lo rafting pake getek atau perahu bambu. Perahu bambu ini digerakkan oleh seorang yang memegang sebilah bambu panjang sebagai dayungnya. Tapi bukan kah biasanya perahu bambu digunakan di arus yang tenang?

Betul sekali, bamboo rafting ini memang dilakukan di atas sungai yang memiliki arus tenang. Sepertinya tujuan dari bamboo rafting ini adalah untuk olahraga rekreasi. Ketika lo mengarungi sungai dengan perahu bambu ini lo pasti akan merasa tenang, nyaman, damai, pokoknya tentram banget deh. Ditambah lagi airnya yang bersih dan dingin, pas banget deh buat lo merelaksasikan diri dari penatnya ibukota, dan bisa juga bamboo rafting ini sebagai terapi istirahat lo dari trip adventure yang lo lakukan.

Seperti yang bisa lo lihat di video yang terlampir. Sekelompok anak muda terlihat sedang asik bermain-main santai ketika melakukan bamboo rafting ini. Tak banyak juga mereka yang menceburkan diri ke air sungai yang bersih dan dingin. Tenang aja, sungai di sini aman kok. Ga ada Anacondnya seperti yang terdapat pada film di televisi. Jadi aman sentosa.

Sudah aman, nyaman, damai, tentram, ditambah pemandangan yang indah. Beuh, mantep banget! Makanya bisa dibilang terapi juga. Keadaan lingkungan di sana juga masih asri. Bikin betah bangetlah pokoknya. Sang nahkoda atau orang yang mengendalikan perahu bambu ini juga dikenal ramah loh. Mereka juga suka mengajak kita ke tempat-tempat terindah saat melakukan bamboo rafting ini. Mau ke arus yang lebih deras boleh, mau ke arus yang lebih tenang juga boleh.

Bamboo rafting juga aman kok walau di arus yang terbilang sedikit lebih deras. Kalo lo ga menggunakan peralatan keamanan juga gapapa kok, tapi yah lebih baik lo menggunakan alat safety yah. Buat jaga-jaga aja, tanpa mengurangi esensi ketentraman saat melakukan bamboo rafting. Jadi kalo lo yang mau menghilangkan kepenatan dari ibukota atau mengistirahatkan diri dari trip adventure lo, lo bisa mencoba bamboo rafting. Ketentraman akan terjadi tanpa mengurangi sisi adventure lo.