Bukan Cuma Menantang, Rock Climbing Ternyata Bisa Menyehatkan Tubuh!

Dilihat 212 kali

Rock climbing lebih sering dilakukan di tempat-tempat terbuka seperti tebing tinggi yang berada di sekitar pegunungan atau lautan lepas. Sementara buat kalian yang berada di kota dan tidak punya waktu untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut, maka dinding tebing buatan atau wall climbing dapat kalian pilih sebagai tempat alternatif. Biasanya dinding tebing buatan berada di gelanggang olahraga atau fakultas-fakultas universitas yang mempunyai komunitas pecinta alam.

Bagi orang-orang yang tidak menggeluti kegiatan ini, rock climbing memberikan kesan berbahaya serta penuh risiko. Hal tersebut memang ada benarnya, apalagi kalau kalian melakukan olahraga ekstrem tadi tanpa memakai alat keamanan dan persiapan matang. Namun di sisi lain, rock climbing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Mengapa demikian? Ketika sedang menjajal tebing-tebing tinggi, tubuh kalian mengerahkan otot-otot di bagian lengan, bahu, punggung, perut, dan kaku untuk bekerja lebih keras. Bahkan jemari kalian pun tak luput dari tugas tersebut. Kalau dilakukan secara rutin, rock climbing akan memberikan manfaat seperti meningkatkan stamina tubuh, fleksibilitas, menguatkan otot-otot, hingga membuat kalian lebih lincah saat beraktivitas. Selain itu, rock climbing juga dapat:

  • Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi;
  • Sanggup memecahkan masalah dengan baik dan cepat;
  • Memupuk rasa percaya diri;
  • Menurunkan bahkan menghilangkan depresi;
  • Mengurangi berat badan berlebih atau obesitas.

Hampir semua orang bisa melakukan rock climbing. Dari anak-anak hingga dewasa; mereka yang masih pemula hingga yang sudah profesional. Kalian yang takut akan ketinggian pun dapat mencoba olahraga ekstrem ini, sekaligus untuk menghilangkan fobia tadi. Sebenarnya, keengganan menjajal rock climbing muncul saat kalian membayangkan kemungkinan-kemungkinan terburuk. Kalau kalian tidak memikirkan hal-hal negatif tadi, pasti kalian  bakal sanggup memanjati tebing sampai atas.

Dibandingkan olahraga ekstrem lainnya, rock climbing tergolong relatif aman. Namun, seperti yang sudah disebutkan, masih ada risiko yang mengikuti kalau kita tidak mempraktikannya sesuai aturan. Persiapan matang sangat diperlukan demi menjaga keselamatan dan keamanan. Kalian dapat mempersiapkan alat-alat berstandar internasional untuk rock climbing dan mempelajari teknik-tekniknya.

Kondisi tubuh yang prima juga dibutuhkan dalam rock climbing. Kalian yang punya riwayat penyakit yang berisiko kambuh saat menjajal olahraga ekstrem ini perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Bagi yang masih pemula, jangan cemas karena ada pemandu yang siap membimbing dengan mengajari metode-metode rock climbing secara profesional.