Cinta Berat Kegiatan Petualangan di Alam Bebas? Ini Profesi-Profesi yang Tepat untuk Anda

Dilihat 277 kali

Fotografer Travel

Menjadi fotografer tidak harus memotret para model saja karena banyak obyek menarik lain di luar sana dan salah satunya adalah alam bebas. Dengan menjadi seorang fotografer travel Anda akan dibayar untuk mendokumentasikan obyek-obyek mempesona di alam bebas, mulai dari pantai sampai puncak gunung. Tidak hanya bekerja untuk suatu perusahaan, banyak juga media dan situs di internet yang menerima kiriman foto dari para fotografer travel dan uang yang dibayarkan biasanya cukup lumayan, khususnya situs fotografi dari luar negeri. Selain itu, Anda juga bisa menguggah hasil karya fotografi Anda ke sebuah media sosial, seperti instagram, dan jika mendapat banyak respon positif bukan tidak mungkin akan mendapat penawaran kerjasama dari suatu produk tertentu.

Travel Writer

Bisa menulis dengan baik? Mulailah membuat sebuah blog yang berisi tulisan tentang petualangan alam bebas, seperti cerita perjalanan sampai tips berpetualang. Memang tidak mudah untuk memulai dan membutuhkan konsentrasi dan konsistensi agar tulisan menjadi lebih menarik. Jika menurut banyak orang blog Anda menarik dan banyak digemari maka Anda bisa mendapat uang dari iklan, merchandise dan juga bisa juga diundang oleh berbagai media untuk menjadi kontributor informasi lokasi-lokasi berpetualang yang menarik. Selain itu, jika memang blog Anda sangat digemari, bisa saja ada penerbit yang tertarik membukukan blog milik Anda.

Ranger

Sebagai seorang petualang sekaligus pecinta alam, dedikasikanlah diri Anda untuk kelestarian hutan dan pesona alam lainnya dengan melamar menjadi seorang anggota ranger. Ranger di sini bukan menjadi seorang prajurit (tentara) tapi menjadi seorang petugas jagawana. Anda yang gemar berpetualang pasti tahu bahwa taman nasional di negara kita sangat banyak dan sebagian besar sangat indah dan mempesona. Untuk menjaganya tentu membutuhkan orang-orang yang gemar berpetualang dan berdedikasi tinggi untuk menjadi seorang ranger. Tugas-tugas utama seorang ranger adalah mengawasi kawasan taman nasional, mulai dari kawasan hutan, gunung, termasuk satwa liar yang menghuni kawasan taman nasional.

Pemandu Pendakian

Jika pengalaman mendaki gunung Anda sudah lebih dari cukup, tidak ada salahnya menjual kemampuan mendaki gunung tersebut kepada mereka para pemula yang baru ingin merasakan serunya mendaki gunung. Yang perlu diingat, sebagai pemandu pendakian Anda bertanggung jawab penuh atas anggota rombongan yang Anda pimpin. Anda wajib mengetahui medan pendakian dan mengerti segala sesuatu tentang pendakian. Agar lebih mudah mendapat kesempatan menjadi pemandu, bergabunglah dengan komunitas pendaki yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda.

Buka Toko Peralatan Berpetualang

Semakin banyaknya orang yang tertarik berpetualang akhir-akhir ini membuka peluang usaha penjualan dan juga penyewaan peralatan outdoor (berpetualang). Modal memang cukup besar, tapi jika sudah punya koneksi sesama petualang pasti tidak sulit mendapatkan pelanggan. Agar pelanggan merasa lebih puas dan merasa terlayani dengan baik, berbagilah pengalaman Anda selama berpetualang kepada mereka. Para pelanggan pasti akan lebih senang membeli peralatan berpetualang di toko yang dimiliki oleh mereka yang memang sudah berpengalaman dalam hal petualangan. Pelanggan yang puas sudah pasti akan merekomendasikan toko Anda kepada teman-temannya yang lain yang juga ingin merasakan serunya berpetualang di alam bebas.