Cliff Jumping, Olahraga Alam Bebas yang Cocok untuk Seru-Seruan Bersama Teman-Teman

Dilihat 36 kali

Dunia seakan nggak kehabisan berbagai jenis olahraga yang sifatnya ekstrim dan memacu adrenalin ya Bro? Ada lagi nih kegiatan alam bebas yang dari dulu sampai sekarang masih populer dan jadi favorit para pecinta dan pemburu petualangan. Kalian pernah denger nggak tentang lompat tebing atau bahasa kerennya cliff jumping? Kegiatan ini wajib banget dilakukan di alam terbuka yang masih asri seperti wilayah gunung, tebing, air terjun, pantai bertebing, pokoknya yang mempunyai tempat tinggi di sekitarnya. Cliff jumping sendiri tergolong berbahaya Bro karena nggak ada satupun alat pengaman yang dipakai ketika melakukan kegiatan tersebut.

Nggak Punya Teknik Khusus

Satu hal yang bikin olahraga cliff jumping atau lompat tebing ini unik yaitu nggak membutuhkan teknik ataupun kemampuan khusus. Berbeda dengan olahraga lain seperti free diving dimana kalian harus latihan ekstra ketat dan memperhatikan segala bentuk peraturan dan menguasai teknik. Atau olahraga lain yang punya banyak teknik seperti skiing, snowboarding, surfing, dan masih banyak lagi. Untuk cliff jumping yang wajib kalian persiapkan hanya mental dan niat saja lho Bro! Ada satu lagi hal penting yaitu kemampuan berenang yang cukup mahir. Alasannya, kalian akan melompat dari atas tebing tinggi dan mendarat di perairan entah itu danau, laut, ataupun sungai dengan kedalaman minimal 3 meter. Kalau perairan tersebut dangkal maka kalian akan cidera karena badan yang menatap atau terbentur bagian dasarnya.

Saat melompat biasanya orang-orang akan melakukan berbagai macam atraksi seru dan bersalto di udara. Kalian juga nggak membutuhkan keterampilan ataupun teknik khusus, cukup lakukan gerakan-gerakan bebas sesukanya saja. Tapi ingat, saat mendarat usahakan badan lurus horizontal dimana bagian kaki atau bahkan kepala yang mendarat pertama ke dalam air. Jika posisi kalian terlentang atau vertikal maka akan terasa sangat sakit sekali karena mengalami tekanan besar saat terjatuh ke dalam air.

Lebih Seru Bareng Teman-Teman

Bayangkan Bro kalau kalian berpetualang di tengah hutan dan melakukan cliff jumping sendirian. Walaupun kegiatan tersebut seru dan bikin nagih, tapi tetap saja akan terasa sangat sepi jika melakukannya seorang diri. Oleh karena itu, datang dan bermain bersama rombongan teman ataupun sodara akan jauh lebih menyenangkan Bro. Kalian bisa balapan ataupun beradu atraksi gokil dan unik ketika melakukan lompatan. Suasananya bakalan terasa lebih ramai dan otomatis akan membuat kalian jadi lupa waktu.

Gampang banget kan olahraga yang satu ini? Tanpa perlu kemampuan ataupun peralatan khusus maka kalian sudah bisa merasakan sensasi menegangkan meloncat dari atas tebing tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak lokasi wisata bisa dijadikan tempat cliff jumping seperti di Bali, Pangandaran, Batu Raden Banyumas, Gunung Kidul Yogyakarta, Bali, Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan sebagainya.