Ice Climbing, Olahraga Anti Mainstream yang Membutuhkan Sepatu Khusus

Dilihat 284 kali

Melakukan panjat tebing sepertinya sudah sangat biasa untuk dilakukan. Banyak orang sudah sering melakukannya. Lalu, bagaimana dengan ice climbing? Pernahkah bro melakukan olahraga ekstrim yang anti biasa ini? Sebagai olahraga ekstrim luar biasa, peralatan yang dibutuhkan tidak biasa loh bro. Peralatan lengkap adalah syarat wajib untuk mendaki gunung es untuk menjaga keselamatan saat melakukan pendakian di gunung es yang sedikit rapuh.

Membutuhkan Sepatu Berpaku

Ice climbing adalah olahraga ekstrim yang menantang gundukan es di tebing. Untuk menjelajahi dan menaklukkan medan beres, bro harus menyiapkan sepatu berpaku saat melakukan ice climbing. Sepatu berpaku sangat berguna untuk memudahkan proses pendakian di atas gundukan es dan salju yang mulai mengeras. Selain memudahkan proses pendakian, sepatu berpaku juga mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan seperti tergelincir saat mendaki ria. Sepatu ini akan lebih memudahkan kaki bro menancap pada dinding es. Jika bro tak punya sepatu ini, jangan nekat loh. Bro harus membelinya. Sepatu ini memiliki deretan paku yang berfungsi layaknya cakar yang menancap kuat di dinding es.

Tips Melakukan Ice Climbing dengan Aman

Untuk melakukan pendakian yang berbahaya ini, Bro harus memperhatikan keselamatan. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan bro dalam melakukan ice climbing ini. Inilah beberapa tips yang harus dilaksanakan.

Memilih Desain Sepatu Berpaku yang Tepat

Sepatu berpaku berfungsi khusus untuk membantu Bro dalam menancapkan kaki secara kuat pada dinding es. Bro harus memilih desain sepatu berpaku yang tepat untuk menapaki dinding es. Pilihlah sepatu yang kuat dengan gigi paku tajam.

Berlatih dan Mengukur Kemampuan

Sebenarnya pendakian tebing es ini mempunyai teknik yang hampir sama dengan tebing biasa, hanya medannya yang berbeda. Bro harus sering-sering berlatih untuk mendaki tebing es secara intensif. Bro juga harus bisa mengukur kemampuan dalam pendakian luar biasa ini. Jangan sembarangan dalam menentukan pertimbangan dalam pendakian gunung es ini.

Menguasai Teknik Pemanjatan

Untuk mendaki gunung es ini, sebaiknya Bro menguasai betul teknik yang akan dipergunakan dalam pendakian tebing es ini. Free climbing adalah teknik pendakian yang mengedepankan ketrampilan kaki dan tangan sekaligus. Bro bisa mengombinasikannya dengan teknik aid climbing. Teknik ini mengedepankan penggunaan peralatan lengkap untuk memanjat tebing es tinggi dan rendah dan membuka jalur pemanjatan. Biasanya teknik ini dilakukan oleh Bro yang ingin membuka jalur pertama untuk pendakian tebing es bagi kawannya.