Ini Rahasia Ketangguhan Dean Karnazes di Lintasan Ultrarunning!

Dilihat 251 kali

Buat Lo penggila ultrarunning, nama Dean Karnazes merupakan sosok legenda tangguh dalam dunia olahraga ekstrem ini. Bulan Agustus kemarin, atlet dulunya merupakan staf marketing ini merayakan 20 tahun berlari sejauh 48K menuju Half Moon Bay di tengah kegelapan (malam hari).

Dalam video YouTube yang berjudul Darkness: how ultrarunning can strip away our emotional barriers, yang diunggah akun Wildplans, Dean memberikan banyak sekali cerita dan petuah bagaimana cara melakukan aksi gila tanpa harus kalah dengan rasa lelah dan takut.

Berikut merupakan beberapa petuah yang diberikan Dean agar Lo bisa punya daya tahan yang baik, sekaligus bisa Lo jadikan sebagai taktik pencegahan cedera selama berlari.

  • Jangan duduk. Yang pertama, Dean menyatakan jika dirinya sangat menghindari duduk. Pasalnya, duduk bisa melemahkan postur tubuh. Bahkan ketika bekerja, dirinya mengaku menggunakan meja yang tinggi agar bisa menulis dan mengirim email sambil berdiri.
  • Cross-training. Menurutnya, pelatihan tubuh secara menyeluruh merupakan hal yang sangat penting. bahkan Dean mengaku jika dirinya memaskan 6 sirkuit singkat latihan Navy SEAL ke dalam menu aktivitas hariannya, termasuk push-up, pull-up dan sit-up dan pull-up.
  • Sepatu tradisional. Alih-aih menggunakan sepatu berteknologi tinggi, Dean justru lebih suka menggunakan sepatu yang tidak terlalu banyak menyematkan teknologi. Bahkan ketika SMA, dia biasa berlari di pantai tanpa menggunakan alas kaki.

Sebagai informasi tambahan, dalam keterangan video tersebut, Dean diceritakan sempat berhenti menekuni olahraga lari. Tapi setelah aksi dadakannya yang di malam hari itu, dia justru seperti menemukan jati dirinya dan sempat menunjukan aksinya dalam Badwater Ultramarathon, Western States 100 dan lainnya.

Setelah itu, nama Dean pun akhirnya makin dikenal setelah aksinya berlari di Disneyland ke New York City selama 75 hari dengan jarak tempuh 563K. Setelah itu, dia pun sempat berlari sejauh 238K di atas treadmill dalam waktu 24 jam saja.

Nah buat Lo yang ingin tahu bagaimana aksi Dean yang dikenal sebagai legenda Ultrarunning, kita tonton yuk videonya dibawah ini!