Kenang-Kenangan dari Sang Legenda Olahraga Ekstrim, Dean Potter

Dilihat 348 kali

Kita yang di Indonesia mungkin banyak yang tidak kenal dengan sosok yang bernama Dean Potter, tapi buat mereka para pecinta olahraga ekstrim dunia, ia merupakan salah satu legendanya. Berbagai olahraga pemacu pemacu pernah ia jajal, mulai panjat tebing, base jumping sampai wingsuit flying.

Aksi-aksi menantang maut yang dilakukan oleh Dean Potter bisa kamu saksikan dalam video yang ada di bagian atas artikel ini. Video berjudul 'Dean Potter - In Memoriam. 1972-2015 [Adrenaline Channel]' dan berdurqas i 4 menit 59 detik tersebut diunggah ke situs YouTube oleh Adrenaline Channel pada 19 November 2015.

Tapi sayang saat menjajal olahraga wingsuit flying ia dan rekannya yang bernama Graham Hunt harus meregang nyawa di kawasan lembah Taft Point Yosemite, dekat puncak tebing terkenal El Capitan pada 18 Mei tahun lalu, 2015.

Menurut beberapa sumber, tidak ada saksi mata kejadian tersebut, tapi ada beberapa saksi yang mendengar dentuman cukup keras yang diduga berasal dari tubuh mereka yang menabrak dinding tebing atau mungkin juga menghantam permukaan tanah.

Karena saat tubuh mereka ditemukan keduanya belum menarik parasut maka kemungkinan besar salah satu penyebab kematian keduanya adalah karena belum sempat membuka parasut atau bisa juga ada masalah pada parasut sehingga tidak bisa terbuka.

Kejadian ini mengejutkan banyak pihak karena sebenarnya saat sesi wawancara dengan Jimmy Chin tidak lama sebelum kejadian tersebut, Dean Potter sudah berkomitmen untuk terbang aman setelah ia kehilangan seorang temannya yang juga sedang melakukan olahraga ekstrim.

Dean Potter yang tutup usia pada umur 43 tahun merupakan salah satu pioneer berbagai macam olahraga ekstrim. Sedangkan Graham Hunt yang baru berusia 29 tahun juga dikenal sebagai salah satu penghobi kegiatan ekstrim yang salah satunya adalah wingsuit flying.

Aksi menantang maut bukan hanya sekali dua kali dilakukan oleh Dean Potter. Sudah sangat sering ia melakukannya dan salah satu aksinya yang terkenal adalah saat ia mengukir rekor menuruni Half Dome, salah satu bukit monolith yang ada di Yosemite. Potter mampu mengukir waktu tercepat pada saat itu tanpa menggunakan tali.

Dean Potter juga tercatat pernah mencetak rekor wingsuit flying paling panjang di dunia saat melompat dari gunung Eiger di Swiss dengan karak sekitar enam setengah kilometer dalam waktu 2 menit 50 detik.