Kumpulan Aksi Gokil Base Jumping di KL Tower, Malaysia

Dilihat 390 kali

Kita-kita yang tinggal di Indonesia sepertinya harus ngiri dengan negeri tetangga, Malaysia, yang sudah menyediakan salah satu menara tertinggi di negara tersebut, KL Tower, untuk dipakai para base jumper menguji nyali dengan base jumping dari bagian atas menara tersebut.Tidak hanya sekali, tapi hampir tiap tahun base jumper bisa menikmati kegiatan yang bisa memompa andrenalin ini.

Aksi-aksi gokil para base jumper di KL Tower atau dikenal juga dengan Menara Kuala Lumpur itu bisa lo nikmati di video berjudul 'Flippydoos and Whatnots | BASE Jumping | KL Tower, Malaysia 2015' yang ada di bagian atas artikel ini. Video itu diunggah oleh Base Jump XTreme ke situs video YouTube pada tanggal 26 November tahun kemarin.

KL Tower merupakan sebuah menara di kota Kuala Lumpur yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 1995. Menara ini punya tinggi 421 meter dan dengan ketinggian itu menara ini menjadi menara tertinggi ke-6 di dunia. Karena sangat tinggi itulah banyak sekali base jumper yang tergoda melakukan aksi nekatnya di menara ini.

Menara Kuala Lumpur dibangun untuk memperlancar komunikasi dan layaknya menara-menara pencakar langit lain di dunia, menara ini juga menyediakan dek pengamatan dari ketinggian. Dari dek inilah lo bisa menyaksikan hampir seluruh bagian kota Kuala Lumpur, Malaysia.

Menara KL mulai dibangun pada tahun 1991, tepatnya pada tanggal 4 Oktober 1991. Pembangunan menara ini melalui tiga tahap. Tahap pertama melebarkan Jalan Puncak dan ekskavasi yang memakan waktu sampai 15 Agustus 1992.

Tahap kedua membangun pondasi dan bagian basement mulai tahun 1992 sampai 1993. Lalu tahap terakhir membangun struktur utamanya, yaitu menara dan bangunan yang diperuntukkan untuk para pelancong atau pengunjung.

KL Tower dirancang dengan menggunakan desain yang mencerminkan budaya agama Islam di negeri jiran yang salah satunya bisa lo lihat pada kubah di lobi. Kubah itu dibuat dari kaca yang dirancang sedemikan rupa sehingga terlihat mirip berlian dalam bentuk Muqarnas.

Selain punya KL Tower, Kuala Lumpur juga punya bangunan pencakar langit lain yang gak kalah populer, Menara Petronas atau Menara Kembar Petronas. Kenapa kembar? Ya karena menaranya ada lebih dari satu. Menara kembar ini pernah menjadi menara kembar paling tinggi di dunia sebelum akhirnya disalip oleh Burj Khalifa dan Taipei 101.