Lebih Mengenal Teknik Rope Solo Pada Olah Raga Ekstrim Panjat Tebing

Dilihat 451 kali

Di dunia ini jenis olah raga yang sifatnya ekstrim dan mampu memacu adrenalin sudah banyak ragamnya. Bahkan seiring berkembangnya zaman, olah raga tersebut lebih dimodifikasi sehingga banyak sekali variasinya. Nggak heran kalau semakin hari penggemar olahraga ekstrim kian bertambah di berbagai negara dunia, Indonesia juga salah satunya. Salah satunya seperti olah raga panjat dan turun tebing yang saat ini malah dijadikan latihan wajib beberapa kelompok atau profesi tertentu, misalnya tentara militer, pecinta alam, anggota pemadam kebakaran, tim SAR, dan bahkan anggota Pramuka. Tapi karena masih tergolong sangat berbahaya dan butuh panduan khusus maka olah raga panjat tebing harus dilakukan secara kelompok atau ramai-ramai. Tapi Bro, ternyata ada beberapa orang yang nekat melakukan rope solo atau memanjat dan menuruni tebing curam seorang diri. Wah, kalau itu sih pasti dilakukan oleh orang-orang yang sangat ahli di bidang panjat memanjat ya!

Pengertian Rope Solo

Sebenarnya rope solo adalah suatu teknik dalam olah raga panjat tebing yang dilakukan oleh seorang diri tanpa bantuan orang lain. Miris sih memang ketika melihat tebing-tebing batu yang tinggi dan curam apalagi kalau bagian dasarnya berupa jurang dalam, air terjun, atau sungai deras. Kalian pasti berfikir kalau melakukan panjat tebing seorang diri sangat berbahaya sekali karena tidak ada orang yang membantu mengikatkan tali, memasang pengaman, dan mencarikan jalur panjat.

Ada Sensasi Tersendiri

Bagi para pemain rope solo, meskipun beresiko tinggi tetapi ada tantangan dan sensasi tersendiri. Kalian mungkin akan merasakan kebebasan dan rasa puas yang sangat besar karena semua hal dilakukan sendiri. Jika terjadi masalah, menghadapi bahaya, dan tantangan alam maka kalian harus selalu waspada. Memang hal tersebut sangat sulit Bro apalagi kalau belum mahir betul dan menguasai teknik panjat ataupun kondisi tebing yang dipanjat. Sebenarnya teknik berbahaya yang satu ini sendiri bertujuan untuk melatih kemampuan serta kekuatan diri sendiri. Selain itu, rope solo bisa untuk sesi latihan jika kalian ingin merangkap fungsi dalam panjat tebing yaitu sebagai belayer, leader, dan juga cleaner.

Meskipun begitu, banyak yang mengatakan kalau teknik rope solo pada olah raga panjat tebing jauh lebih seru dan mengasyikkan. Hal ini dikarenakan kalian punya waktu sendiri untuk memenuhi hobi sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar.

Apabila kalian ingin mencoba teknik rope solo maka persiapkan dulu mental dan juga kekuatan fisik yang mumpuni. Olah raga panjat tebing dengan teknik tersebut sangat mengandalkan kemampuan dan kekuatan diri sendiri. Oleh karena itulah mengapa rope solo lebih sering dilakukan oleh para pemanjat perofesional yang sudah melakukannya berkali-kali sehingga mengerti teknik dan kondisi jalur panjat yang dilalui.