Melahap Berbagai Rintangan Urban Downhill yang Menantang di Taxco, Meksiko

Dilihat 107 kali

Para penggila kegiatan ekstrem yang doyan bersepeda tentunya sudah tak asing lagi dengan downhill. Secara garis besar, downhill mengharuskan bikers saling beradu kecepatan untuk sampai ke bagian bawah gunung dengan mengandalkan sepeda. Lo juga wajib memakai jenis sepeda downhill  mengingat medan untuk olahraga ekstrem ini relatif berat. Meski sangat menantang dan penuh risiko, penggemar downhill terus bertambah bahkan kini sudah ada banyak cabang yang menarik buat diikuti.

Salah satu variannya adalah urban downhill, bro. Jika selama ini downhill dilakukan di pegunungan atau bebukitan, maka urban downhill lebih sering dijumpai di daerah pedesaan dan perkotaan yang kontur tempatnya menurun. Supaya tantangan urban downhill sama menantangnya dengan downhill di gunung atau bukit, lo harus memilih lokasi yang jarak antar bangunannya sempit. Selain itu, bikers umumnya akan membuat rintangan atau ramp yang tak kalah mendebarkan.

Meski sudah terbiasa dengan downhill di alam bebas, bukan berarti lo bakal cepat menguasai area urban downhill. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi dan mungkin akan memberi pengalaman baru buat bikers yang selama ini bersepeda di gunung dan bukit. Sebut saja jarak antar bangunan atau tembok di kota-kota yang harus dilewati secara cermat dan hati-hati. Kalau salah sedikit saja, lo bakal terjatuh dan mengalami cedera fatal gara-gara terbanting ke atas permukaan yang sangat keras. Jadi, lo wajib untuk menguasai beberapa trik supaya bisa bergerak lincah di antara rintangan menggunakan sepeda.

Di sisi lain, ternyata rintangan dalam urban downhill menarik beberapa pihak untuk menyelenggarakan lomba atau kompetisi. Salah satu di antaranya adalah Taxco Urban Downhill yang dihelat secara rutin di Kota Taxco, Meksiko. Bisa dibilang, Taxco merupakan tempat sempurna untuk urban downhill karena memenuhi kriteria kegiatan ini. Sebut saja jarak antara rumah atau bangunan yang sempit, banyaknya tangga, dataran menurun, serta tempat-tempat yang cocok dibuat sebagai ramp.

Para bikers profesional juga mengakuinya, bro. Maka tak heran kalau mereka rela terbang ke Meksiko demi mendapatkan pengalaman mengesankan di Taxco. Berbagai trik dan teknik urban downhill mampu mereka lahap dalam rintangan yang penuh risiko. Bukan cuma menantang, kota ini pun punya panorama yang indah dan menghibur para wisatawan. Belum lagi penduduk sekitar yang ramah dan hangat kepada turis yang berkunjung. Lo pasti bakalan betah jalan-jalan di Taxco, deh!

Tertarik buat menjajal kemampuan bersepeda yang tak biasa lewat urban downhill? Berarti lo perlu dan wajib latihan menguasai trik-triknya terlebih dahulu. Pastikan juga tempat yang lo pilih buat melakukan kegiatan tersebut tidak membahayakan supaya masyarakat sekitar tidak terganggu dan lo pastinya bisa latihan.