Ngakunya Pecinta Tantangan? Coba deh Olahraga Panjat Es, Pasti Ketagihan!

Dilihat 274 kali

Salah satu olah raga ekstrim yang juga banyak digemari para anak muda zaman sekarang adalah panjat tebing. Meskipun berbahaya namun kegiatan yang satu ini sangat menantang karena mampu memicu adrenalin mereka. Tak hanya diincar para pemburu kegiatan alam yang ekstrim saja tapi panjat tebing juga dijadikan olah raga yang mengedukasi seperti pada kegiatan pramuka, pendaki, dan para pecinta alam. Tapi, ternyata bukan hanya tebing saja loh yang bisa dipanjat tetapi juga lapisan es! Kegiatan panjat es biasanya dilakukan di wilayah pegunungan ataupun dataran tinggi yang memiliki tebing terjal dan bersalju.

Sensasi yang Lebih Gila

Kenapa dibilang gila? Hal ini karena kalian akan dihadapkan dengan tantangan alam yang berbeda yaitu tebing curam yang diselimuti lapisan es. Yang paling membuat jantung berdebar dan bulu kuduk jadi berdiri adalah sifat lapisan es yang licin, tidak stabil, dan rawan retak. Salah teknik sedikit maka fatal akibatnya!

Dibalik itu semua, kegiatan panjat es ini sangat seru dan juga menarik untuk dicoba karena kalian akan merasakan sensasi lain yang mengagumkan. Tapi, kalian harus tetap memperhatikan hal penting lainnya seperti latihan khusus, teknik memanjat yang tepat, peralatan lengkap, kondisi fisik yang kuat, dll.

Butuh Peralatan Ekstra

Karena yang dipanjat bukanlah tebing biasa melainkan yang sedang diselimuti lapisan es dingin, maka peralatannya juga harus ekstra, Bro. Kalian harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan mulai dari mental, kondisi badan yang sehat, dan peralatan lengkap. Kalau panjat tebing biasa, mungkin kalian hanya butuh pakaian sederhana dan nyaman dipakai. Tapi kalau kegiatan panjat es, kalian wajib pakai pakaian hangat karena udara yang dingin bisa mengganggu konsentrasi. Selain itu, sepatu yang digunakan juga nggak main-main karena sangat khusus dimana dilengkapi dengan gigi-gigi besi yang tajam. Sepatu khusus tersebut berguna untuk memudahkan kalian menginjak lapisan es yang licin agar tidak mudah tergelincir. Peralatan lain yang harus digunakan seperti sarung tangan, tali pengaman, dan lain sebagainya.

Kalau kalian ingin mencoba kegiatan panjat es ini, mungkin harus mengunjungi negara lain yang memiliki musim salju. Hal ini karena di Indonesia tidak memiliki daerah atau kawasan bertebing yang diselimuti salju dan lapisan es. Atau kalau malas pergi ke luar negeri,  kalian bisa kok mencoba mendaki Puncak Jayawijaya di Papua. Gunung tersebut memiliki lapisan salju abadi dan mungkin kalian bisa menemukan tebing bersalju yang bisa dipanjat Bro!