Olahraga Lari di Tengah Hutan Rimba? Sensasi Petualangan Unik, Seru, dan Menantang yang Jadi Satu!

Dilihat 566 kali

Kalau olahraga lari biasa seperti jogging atau di sirkuit lari memang jenis olahraga yang sangat biasa sekali. Tapi, pernah nggak Lo mencoba kegiatan jungle trail running? Jenis olahraga tersebut sebenarnya sudah lama sekali ada dan berkembang. Meskipun di Indonesia sendiri belum terlalu disenangi oleh masyarakat luas. Bahkan mendengar namanya saja mereka masih bingung karena memang masih asing di telinga. Trail running adalah salah satu modifikasi dari olahraga lari yang dilakukan di alam terbuka misalnya kawasan hutan dan juga gunung. Berbeda dengan hiking dimana Lo akan berjalan-jalan santai sambil menikmati indahnya pemandangan. Dalam kegiatan jungle trail running, Lo harus berlari cepat dengan sangat berhati-hati.

Jogging yang Paling Susah

Kenapa jungle trail running dibilang jogging yang paling susah? Ini karena Lo nggak cuma berlari saja Bro, tapi juga menghindari rintangan-rintangan alam selama perjalanan. Kegiatan ini nggak mudah lho karena banyak hal yang mengganggu seperti rumput liar, akar-akar pepohonan, lumut, bebatuan tajam, lumpur, semak belukar, dan masih banyak lagi. Segala tantangan tersebut akan membuat perjalanan Lo semakin sulit. Nggak jarang ada peserta jungle trail running yang tersandung akar pohon, tergelincir, tersandung batu, atau kepleset karena lumut dan lumpur. Jadi, selama Lo berlari dengan kecepatan tinggi maka pandangan juga harus fokus ke depan sambil waspada dengan keadaan sekitar.

Apa Sih Manfaatnya?

Seperti olahraga lari pada umumnya, jungle trail running merupakan kegiatan kardio yang sangat bagus sekali. Lemak di dalam badan Lo akan cepat terbakar dan keringat bisa mengalir dengan deras sehingga toxin dalam tubuh bisa keluar. Selain itu, olahraga ini juga bagus sekali untuk kesehatan jantung dan paru-paru lho Bro. Ada lagi manfaat hebat lainnya yaitu badan akan merasa lebih bugar, pikiran lebih fresh, darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, organ-organ Lo juga mendapatkan suplai oksigen yang cukup, dan pastinya bisa seru-seruan bareng teman-teman. Ditambah lagi tempat untuk melakukan kegiatan ini adalah di kawasan alam seperti gunung. Otomatis akan banyak sekali kadar oksigen dan udara bersih yang Lo hirup. Lari sambil menikmati indahnya pemandangan hijau di sekitarnya juga bisa membuat perasaan dan pikiran Lo menjadi lebih tenang Bro!

Jadi, olahraga jungle trail running nggak hanya bikin badan sehat tapi juga sebagai sarana rekreasi untuk menjernihkan pikiran. Nah, kalau Lo ingin mengikuti kegiatan tersebut maka bisa langsung datang ke kawasan Cagar Alam Ujung Kulon. Biasanya sih di sana malah diadakan sebuah perlombaan lari maraton di tengah hutan. Atau Lo bisa juga mengunjungi kawasan wisata hutan atau gunung lainnya dan melakukan jungle trail running bareng teman-teman atau sodara.