Pengin Aksi Highline di Cheddar Gorge Sukses? Pelajari Hal-hal ini Dulu, Bro!

Dilihat 537 kali

Untuk merasakan sensasi menantang yang tak terlupakan, para adventure junkies yang mempertaruhkan nyawa mereka dengan melakukan atraksi di tempat-tempat ekstrem, bro. Tak terkecuali pecinta highline, salah satu cabang slackline yang mewajibkan lo buat berjalan di atas seutas tali pada ketinggian tertentu. Tentu saja mereka tidak melakukannya secara sembarangan, karena ada peralatan yang dipasang untuk menjaga keselamatan mereka.

Di antara sekian orang yang menyukai highline, ada Jon Ritson yang nekat unjuk gigi di Cheddar Gorge. Tebing-tebing tinggi nan curam yang berlokasi di Inggris Raya tersebut menjadi saksi bisu kesuksesan Jon saat meniti tali selama kurang lebih tiga jam. Meski empat satu kali terpeleset, Jon tidak serta-merta menyerah dan berhasil menyelesaikan aksi mendebarkan tersebut.

Perlatan yang Dibutuhkan

Ingin sukses menaklukan Cheddar Gorge seperti Jon Ritson? Itu berarti lo harus membekali diri dengan ilmu seputar slackline sebagai ‘ibu’ dari highline. Untuk peralatan, ada webbing—tali berbentuk pipih yang mempunyai diameter beragam. Dengan panjang minimal tiga meter, tali tersebut dipasang dari ketinggian paling rendah 60 sentimeter dari atas tanah hingga ketinggian tertentu yang terbilang riskan. Salah satu cabang slackline selain highline, trackline, mengharuskan pemain pemulanya untuk memakai tali dengan tingkat elastisitas lebih rendah dibandingkan tali untuk kompetisi. Hal tersebut dilakukan supaya pantulan yang dihasilkan enggak berlebihan, bro.

Teknik-teknik dalam Highline

Seperti cabang slackline lainnya, ada teknik-teknik dalam highline yang harus lo patuhi supaya atraksi ini berjalan tanpa hambatan. Olahraga ekstrem ini menuntut pemainnya memiliki konsentrasi tinggi dan niat yang kuat. Kalau sudah takut di awal, jangankan berjalan, menjaga kestabilan di atas tali saja lo enggak bisa. Keseimbangan sangat penting karena hal ini akan menentukan keberhasilan melontasi tebing yang lo lakukan.

Setidaknya ada empat tahap yang wajib lo lalui untuk menguasai teknik slackline, yakni:

  1. Berdiri di atas tali;
  2. Berjalan di atas tali;
  3. Mempraktikan teknik statis (tanpa pantulan kalau lo memilih trackline);
  4. Melakukan teknik-teknik dalam trackline.

Lo bisa belajari highline langsung ke pemain profesional untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, ada banyak video di kanal Youtube yang dapat lo jadikan motivasi atau materi latihan. Menentukan lokasi buat latihan atau praktik pun harus lo perhatikan, karena level kesulitannya harus disesuaikan dengan kemampuan lo.