Perjalanan Mengejar Sunrise di Gunung Batur-Bali

Dilihat 433 kali

Alasan banyak orang menyukai kegiatan mendaki atau hiking salah satunya karena view yang akan didapat dari atas ketinggian sangat langka dan begitu indah. Apalagi jika kamu menyaksikan langsung perpindahan langit yang awalnya hitam pekat perlahan menjadi terang dengan semburat kemerahan yang berasal dari cahaya matahari.

Sudah seharusnya kita bersyukur, banyak dataran tinggi di Indonesia yang menghadirkan pesona sunrise yang indah. Hanya perlu sedikit nyali dan sedikit menggali jiwa petualang dan kamu bisa menyaksikan fenomena alam tersebut.

Bahkan banyak turis asing yang jatuh cinta kemudian berburu tempat-tempat eksotis untuk mendapatkan fenomena tersebut. Salah satunya turis asing yang sedang asik berpetualang di Pulau Bali ini. Pria bernama Kristian Foreman ini mengunggah video perjalanannya ke dalam situs Youtube dengan judul Sunrise Trek: Mount Batur, Bali.

Perlu usaha dan pengorbanan supaya kita bisa menangkap langsung keindahan detik-detik pergantian hari. Beberapa pengorbanan yang harus kamu siapkan adalah melakukan pendakian tengah malam dalam kondisi gelap gulita, udara dingin yang sedang memuncak dan rasa kantuk yang harus dilawan.

Kristian bersama beberapa orang turis lainnya mulai mendaki Gunung Batur pada pukul 2.30 dini hari, tapi perlu waktu sekitar 3 jam perjalanan sebelum ia mencapai titik kumpul pendakian. Semua usahanya tentu saja engga sia-sia karena tepat jam 5.30 pagi mereka telah berada di puncak gunung saat sedikit demi sedikit cahaya terang muncul di ufuk timur. Perpaduan warna yang indah antara merah, jingga, biru hingga orange membuat mereka takjub.

Jalur pendakian yang mereka lalui nyatanya bisa dikatakan tidak mudah, mereka harus berjalan dengan sangat hati-hati di lereng gunung dengan tingkat kemiringan yang curam. Indonesia memang dikenal sebagai surganya para pendaki, dengan jumlah gunung yang bertebaran dimana-mana dengan keindahan yang berbeda-beda membuat pengalaman dan petualangan tidak akan selalu sama.

Selain Gunung Batur yang sudah dikenal sebagai spot hiking dan surise paling populer di Pulau Bali, beberapa gunung lainnya di Indonesia juga memiliki penampakan sunrise keren dan menjadi buruan para pecinta hiking lokal maupun mancanegara.

Sebut saja diantaranya adalah Gunung Tambora, Gunung Prau di dataran tinggi Dieng yang dikenal dengan penampakan golden sunrise, dan Gunung Bromo yang telah menjadi destinasi utama di Jawa Timur bagi para pelancong dan pecinta gunung.

Selain itu dua gunung lainnya yang menjadi impian bagi para pendaki adalah Gunung Semeru dan Gunung Rinjani. Kedua gunung ini memiliki jalur pendakian yang terbilang ekstrim namun dengan bayaran setimpal ketika kamu telah mencapai puncaknya. Puncak Mahameru sering disebut sebagai negeri diatas awan sementara Puncak Rinjani memiliki pemandangan sunrise yang berpadu dengan keindahan Segara Anak dibawahnya.