Scuba Diving Indonesia

Dilihat 369 kali

Scuba merupakan singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus atau perangkat bawah air. Alat ini digunakan untuk melakukan penyelaman di bawah laut yang berupa tabung sebagai alat pernafasan di dalam air. Peralatan ini dibawa sendiri oleh penyelam yang diletakkan di punggung, seperti menggendong tas ransel.

Scuba diving dilakukan dengan berbagai tujuan, ada yang untuk melihat pemandangan alam bawah laut, melakukan penelitian atau sekedar menaklukkan adrenalin demi kepuasan yang ada didalam diri. Yah, apapun tujuannya setiap orang sah-sah saja melakukan diving. Yang terpenting mereka harus sudah mahir berenang dan paham teknik – teknik melakukan olahraga ini. Karena, jika kamu sudah masuk ke dasar laut, segala macam permasalahan seperti kendala pada alat atau apapun itu harus mampu dipecahkan sendiri.

Spot diving sudah banyak di Indonesia, salah satunya ada di Bali. Memang bukan rahasia lagi kalau Pulau Dewata ini menyimpan keindahan bawah laut diatas rata-rata. Keindahan tersebut dapat dinikmati dengan menyelam. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Bali untuk mengeksplor kehidupan bawah laut yang kaya akan terumbu karang, ikan berwarna-warni, plankton, rumput laut dan masih banyak lagi. Seperti pada video di atas ini yang diunggah oleh Adam Haggerty pada situs sosial media YouTube.

Video tersebut diambil dari beberapa spot laut Bali, seperti amed, tulamben, liberty wreck, japanese wreck, coral garden, bunutan, shark point (Gili Trawangan), dan jemuluk wall. Aksi menyelam ini dilakukan beberapa orang yang terjun dari atas kepal, kemudian mulai menelusuri dasar laut.

Di awal penyelaman ditemukan beberapa spesies ikan yang memiliki warna-warna cantik. Lalu, perjalanan bawah laut ini berlanjut ke tulamben yang di dalamnya terdapat bangkai kapal yang sudah berkarat dan penuh lumut. Selain bangkai kapal, di tempat tersebut juga hidup beberapa tumbuhan laut berwarna hijau dan menjadi tempat persembunyian beberapa ikan. Di sebagian titik ada gerombolan spesies ikan yang berkumpul bersama, sangat indah dan mempesona.

Selain Bali masih ada beberapa lagi wilayah di Indonesia yang mempunyai keindahan laut yang menakjubkan. Seperti, Pulau Bunaken yang terdapat di Manado - Sulawesi Utara, Karimunjawa yang berlokasi di Kabupaten Jepara – Jawa Tengah, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat, Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur dan masih banyak lagi.