Sensasi Berbeda Urban Base Jumping, Lompatan Ekstrim Menantang Gravitasi Bumi

Dilihat 76 kali

Lagi-lagi dunia ini penuh dengan berbagai olahraga unik, menarik, tapi juga banyak resikonya ya Bro. Salah satunya seperti urban base jumping yang termasuk jenis olahraga paling diminati oleh para anak muda. Terlebih lagi bagi para masyarakat yang gemar sekali melakukan aksi dan kegiatan menantang. Sepertinya urban base jumping bisa dijadikan sebagai hobi baru karena memang ditunjukkan bagi mereka yang bernyali besar.

Pengertian dari Base Jumping

Hampir sama dengan bungee jumping atau olah raga lompat-lompatan melawan gravitasi lainnya. Akan tetapi pada urban base jumping kalian harus menggunakan sebuah parasut. Aksi akrobatik akan ditunjukkan ketika kalian sedang berada di atas udara Bro. Tepatnya lagi ketika kalian melompat dari sebuah tempat dengan ketinggian tertentu misalnya dari atas gedung, menara, tebing, dan sebagainya. Sebenarnya kalian bisa melakukannya di sembarang tempat, contohnya di alam bebas dan terbuka. Namun urban base jumping sendiri lebih sering dilakukan di area perkotaan yang memiliki banyak bangunan atau gedung yang sangat tinggi.

Hanya Modal Nyali

Untuk melakukan kegiatan ini maka kalian harus bermodalkan nyali yang sangat besar. Tidak memerlukan alat pengaman ataupun mesin khusus yang dibawa tetapi hanya mengandalkan teknik dan gerakan melompat secara bebas saja. Tas yang berisi parasut akan dibuka ketika kalian sudah ingin melakukan pendaratan. Tapi, sebaiknya ambil ancang-ancang yang tepat dulu ya Bro sebelum menarik tali parasut dengan tiba-tiba. Dalam hal ini perkiraan antara jarak terjun, melakukan atraksi di udara dan ketika ingin mendarat harus dipikirkan dengan baik. Jangan sampai kalian membuka parasut ketika jarak engan permukaan daratan sudah dekat.

Sudah Dikenal Diberbagai Belahan Dunia

Di dunia sendiri, urban base jumping sudah dilombakan dalam sebuah turnamen olahraga ekstrim tingkat nasional maupun internasional. Sudah banyak juga para atlit base jumping yang ikut meramaikan, mempromosikan dan juga mencetak beberapa rekor dunia. Salah satunya seperti Valery Rosov yang berasal dari Rusia. Ia telah mendapatkan rekor dunia atas aksi base jumping yang dilakukan dari atas pegunungan Himalaya, India. Bahkan ia harus melakukan pendakian selama enam hari terlebih dahulu untuk bisa menuju puncak.

Olahraga urban base jumping juga terkenal paling ekstrim dibandingkan dengan jenis lainnya yang ada di dunia. Tapi atraksi dan macam-macam lompatan yang ada dalam olahraga tersebut mampu menarik perhatian dan minat banyak orang. Buktinya saja walau sangat berbahaya dan mempertaruhkan nyama, base jumping tetap jadi hobi andalan para pemburu tantangan dan olahraga ekstrim.