Sensasi Seru Berlayar di Hamparan Pasir

Dilihat 339 kali

Berlayar di laut mungkin sudah biasa, Bro. Tapi, bagaimana rasanya berlayar di atas tanah? Belum pernah coba, kan Bro? Sama seperti berlayar di laut, olahraga yang populer dengan sebutan land sailing ini juga menggunakan alat semacam perahu atau kapal. Bentuk kapalnya lebih mirip dengan kapal jet. Lalu, bagaimana cara kerja kapal ini? Biasanya, land sailing lebih banyak dilakukan di area padang pasir. Ini karena kapal untuk land sailing tidak menggunakan roda. Selain itu, areanya juga harus memiliki angin yang kencang. Semakin kencang anginnya pasti akan semakin mengasyikkan.

Kenapa harus area yang anginnya kencang? Tentu saja karena kapal ini tidak menggunakan mesin. Kapal untuk land sailing didesain dengan menggunakan layar sebagai alat pendorong. Walaupun begitu, kapal tetap dilengkapi dengan setir untuk mengendalikan arah.

Kelihatannya memang sederhana, tapi bayangkan Bro! Kapal ini bisa bergerak hingga kecepatan 126 kilometer per jam dengan kondisi angin kencang. Agar tetap aman dan nyaman, kalian diharuskan menggunakan pengaman. Misalnya, kalian harus menggunakan jaket yang tebal, sepatu, celana panjang, sarung tangan, serta helm. Tantangan dari olahraga land sailing ini adalah mengatur kecepatan, arah angin, dan tetap fokus.

Saat angin kencang, debu padang pasir pasti berterbangan dan semakin tebal maka jarak pandang juga akan terbatas. Selain itu, kalian harus pandai mengendalikan kapal karena jika tidak maka kapal akan terguling karena terhempas angin kencang. Memang, ada juga kapal khusus land sailing yang didesain dengan roda namun tantangannya tetap sama.

Kalaupun tidak ada area padang pasir, kalian bisa bermain land sailing di area pantai. Kapal di tempatkan di sekitar pasir pantai. Kemudian persiapkan layar dan tunggu hingga angin pantai berhembus kencang. Setelah itu bersiaplah merasakan sensasi mengendarai kapal di darat. Di negara-negara di mana olahraga ekstrem land sailing populer, pengemudi mengembangkan desain kapal mereka sendiri.

Tidak heran jika kalian akan menemukan berbagai macam desain kapal land sailing dari yang sederhana hingga yang keren! Akan lebih seru lagi jika kalian saling beradu kecepatan di dalam kapal land sailing tersebut. Bahkan di negara yang populer dengan land sailing seperti di Amerika, olahraga land sailing ini sering dijadikan perlombaan. Salah satu ajang land sailing dunia adalah Land Sailing Cup yang diikuti oleh peselancar dari berbagai negara di dunia. Menantang dan membuat penasaran, kan Bro?