Serunya Berjumpa Hiu dan Penyu di Karimunjawa

Dilihat 364 kali

Petualangan di Karimunjawa akan terasa kurang lengkap bila Anda tidak menyambangi pusat penangkaran penyu dan hiu. Pusat-pusat penangkaran ini semakin hari semakin populer dan karena sangat menarik, hampir setiap pengunjung yang sedang berada di Karimunjawa pasti akan menyempatkan diri untuk singgah sejenak di sana.

Di pusat penangkaran penyu yang ada di Pulau Tengah, Anda bisa menyaksikan tukik (bayi penyu) dirawat di beberapa kolam penangkaran dan setelah beranjak remaja dan siap umur, tukik ini akan dilepaskan ke laut. Jenis penyu yang ditangkarkan di sini adalah penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas), dua jenis penyu yang cukup langka.

Taman Nasional Karimunjawa juga memiliki pusat Penetasan Semi Alami yang terpusat di Kemujan dan Pulau Menjangan Besar. Di PSA Kemujan, mereka telah berhasil menetaskan sebanyak 1647 butir telus dan 534 ekor tukik, dan hebatnya beberapa berhasi mereka lepaskan ke alam. Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh suhu pasir dan juga kedalaman pasirnya. Semakin dalam maka semakin stabil suhunya, dan suhu rata-rata yang dibutuhkan adalah sekitar 30 derajat celcius.

Karimunjawa

Untuk penangkaran hiu, ada di dua lokasi, yang pertama di Pulau Menjangan Besar dan satu lagi berada di Pulau Tengah. Penangkarang hiu di Pulau Menjangan Besar memiliki dua kolam. Kolam yang pertama dihuni oleh ikan hiu muda dan jumlahnya 10 ekor. Sedangkan kolam kedua dihuni ikan hiu berusia lebih tua dan berjumlah 15 ekor.

Untuk Anda yang merasa berani, Anda bisa mencoba berenang bersama hiu-hiu yang tergolong jinak di penangkaran ini. Walaupun jinak, sensasi berenang bersama hiu tentu sangat mendebarkan dan menjadi pengalaman yang pasti tidak akan Anda lupakan seumur hidup.

Untuk Anda yang tidak bisa berenang namun ingin merasakan sensasi berenang dengan hiu juga diperbolehkan, namun harus menggunakan jaket pelampung. Kegiatan ini relatif aman karena selain hiu-hiu tersebut jinak, di pinggir kolam juga berjaga beberapa petugas penyelamat.

Sedangkan penangkaran hiu di Pulau Tengah berada di sebuah penginapan bernama Wisma Apung. Menginap di Karimunjawa dengan menyaksikan predator-predator laut ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan bisa Anda lupakan seumur hidup.

Karimunjawa