Street Luge, Olah Raga Jalanan yang Bisa Ngilangin Stress dan Bikin Lo Ketagihan

Dilihat 808 kali

Hallo Bro, apakah Lo sedang galau dan bosan mungkin karena skripsi belum kelar atau diputusin pacar? Ada nih satu olah raga yang bisa mengusir pikiran stress dan hati gundah gulana yang Lo rasain sekarang ini. Olah raga street luge, kegiatan ini sangat cocok sekali dilakukan oleh para anak muda yang menginginkan tantangan baru dan berbeda.

Salah Satu Olah Raga Ekstrim

Lo tau nggak kalau sebenarnya olah raga street luge sendiri bersifat ekstrim dan banyak menimbulkjan resiko. Kenapa bisa begitu? Hal ini karena pada street luge, Lo harus meluncur atau melaju dengan kecepatan tinggi dengan menggunakan sebuah papan khusus yang disebut sebagai papan streetluge. Uniknya lagi bro, di dalam olah raga ini Lo harus mengendarai papan tersebut dengan posisi tidur terlentang.

Pada awalnya, olah raga street luge pertama kali populer di daerah Southern California dan pada tahun 1975 resmi dibuat perlombaan tentangnya. Cara mainnya adalah peserta yang mampu meluncur dengan kecepatan tertinggi mengalahkan peserta lain akan keluar sebagai pemenang. Karena harus dilakukan di jalanan beraspal yang memiliki kondisi jalan menurun, maka street luge sering juga disebut sebagai olah raga jalanan.

Wajib Pakai Papan Khusus

Kalau semisal Lo pengen mencoba olah raga yang satu ini, jangan asal pakai papan seluncur ya Bro. Bisa-bisa papan tripleks atau papan giling cucian Lo pakai buat main street luge. Perlu diketahui kalau olah raga street luge punya papan khusus yang sudah pasti berstandar internasional. Meskipun bentuknya hampir mirip papan skaterboard tapi bagian penampangnya lebih lebar. Untuk bahannya sendiri, kebanyakan menggunakan serat karbon, baja, alumunium, hingga bahkan kayu. Biasanya panjang dari papan street luge sekitar 49 inchi dengan lebar 12 inchi. Sama seperti papan seluncur lainnya, ada roda pada bagian bawah papan olah raga street luge yang terbuat dari karet padat, tebal, dan pastinya kuat.

Untuk mulai memainkannya, Lo juga butuh beberapa alat pengaman Bro, seperti helm, pakaian khusus, pelindung lutut dan siku, tali Kevlar, dan sebagainya sesuai kebutuhan Lo. Dalam kegiatan ekstrim ini, yang bakalan Lo hadapi bukan mengendalikan kecepatan tapi juga gesekan. Masalahnya, ketika menghadapi tikungan atau turunan tajam, pada papan street luge nggak ada rem otomatisnya. Lo harus pakai kedua kaki untuk mengurangi kecepatan atau mengatur arah ketika melaju di atas aspal. Itulah kenapa, dibutuhkan sepatu kulit khusus yang kuat dan nyaman ketika sedang melakukan olah raga tersebut.

Seru banget kan Bro? Kapan-kapan Lo wajib coba ya olah raga street luge ini karena dijamin bakalan bikin jantung berdetak kencang, pikiran jadi fresh, jiwa lebih terasa plong.