Tahan Nafas untuk Menyaksikan Keindahan Dasar Laut

Dilihat 349 kali

Menyelam memang kegiatan yang mengaksikan. Lo akan melihat keindahan bawah laut dan bertemu berbagai jenis ikan, terlebih jika lo beruntung bertemu spesies langka dan bisa mengabadikannya pada kamera. Mungkin pengalaman seperti itu tidak akan terlupakan dan akan selalu dikenang.

Tapi, apa jadinya kalau lo menyelam tanpa bawa tabung oksigen? Lo harus mampu tahan nafas sampai dasar laut dan jika tidak kuat, lo harus cepat berenang kembali ke atas untuk menghirup udara. Aksi ini disebut free diving.

Free diving sebenarnya sama saja dengan kegiatan menyelam pada umumnya, perbedaannya terletak pada alat yang digunakan. Diving yang sering dijumpai menggunakan perlengkapan menyelam lengkap seperti Buoyancy Control Device (BCD) atau jaket penyelam, regulator, depth gauge, masker, fins, dan tangki scuba. Sedangkan free diving hanya BCD, masker, dan fins.

Penyelaman tersebut tentu jauh lebih berbahaya, lo harus mampu menahan nafas dalam waktu yang panjang. Jarang sekali orang bisa menaklukan olahraga air ini, biasanya mereka yang bisa adalah penyelam-penyelam professional yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Seperti pria pada video di atas yang diambil dari situs YouTube pada akun lukas bubnik. Lo akan menyaksikan free diving yang super ekstrim. Seorang pria mampu menyelam hingga ke dasar laut tanpa bantuan tangki scuba.

Dimenit awal lo akan melihat karang-karang yang begitu indah lengkap dan seekor penyu serta ikan berwarna-warni yang mempesona. Sang penyelam pun terlihat sangat menikmati aksinya, meski ia harus berusaha menahan nafas.

Di menit 2:15 lo akan lihat aksi sang penyelam yang lebih ekstrim lagi. Ia berenang ke spot yang lebih dalam kemudian menyelam hingga ke dasar laut. Berkat teknik pernafasannya yang baik ia mampu menaklukan free diving dengan mudah. Keindahan biota laut yang disuguhkanpun sangat luarbiasa.

Lo pengen jajal aksi seperti video di atas? Yakin nafas lo panjang? Aksi ini membutuhkan keahlian teknik pernafasan yang baik dan tinggi. Lo harus mampu memanfaatkan kapasitas paru-paru lo diiringi teknik menyelam.

Kalau lo pemula sebaiknya belajar dulu teknik pernafasan di kolam renang. Jika, kemampuan lo sudah meningkat dan butuh adrenalin yang lebih tinggi lagi, baru jelajahi alam bawah laut. Akan ada sensasi berbeda saat menyelam tanpa tangki scuba dan tidak ada yang tidak mungkin bahwa lo bisa menaklukannya.