Teknik Kite Surfing? Sama Ngga Kaya Surfing Biasa?

Dilihat 442 kali

Surfing adalah salah satu olahraga air yang amat menantang dan dapat memacu adrenalin. Surfing biasa dilakukan di atas ombak tinggi dengan cara menjaga keseimbangan di atas papan. Karena itu, tanpa adanya ombak besar dirasa mustahil melakukan surfing.

Tidak berbeda jauh dengan kate surfing. Bisa dibilang olahraga ini adalah penggabungan dari surfing dan bermain layang-layang. Jadi untuk bisa memainkan olahraga ini tidak hanya ombak pantai saja yang harus mendukung, tetapi dibutuhkan pula hembusan angin. Sebagai permulaan broo mesti berseluncur lebih dulu lalu setelah layang-layang meninggi broo bisa berpegangan kuat pada pegangan yang sudah diikatkan pada layang-layang. Laju papan surfingmu pun selalu mengikuti laju dan arah terbang layang-layang.

Setelah mengetahui apa itu surfing dan kate surfing, kira-kira bagaimana dengan teknik bermainnya? Apakah teknik keduanya sama atau malah berbeda?

Teknik Dasar Surfing

Untuk terampil surfing, maka dibutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik. Setidaknya ada 2 teknik dasar surfing yang mesti dikuasai, yaitu Paddling dan Popping Up. Berikut penjelasan tentang keduanya:

Teknik Paddling

Menguasai teknik dasar yang baik dapat meminimalisir kelelahan saat surfing. Paddling atau mengayuh merupakan teknik yang banyak dilakukan dalam surfing. Broo mesti berbaring di papan dengan posisi hidung berjarak beberapa inchi saja dari air. Bila terlalu menjorok ke depan dengan posisi hidung di bawah air, maka berisiko mempersulit gerak dan malah berakhir jatuh. Langkah selanjutnya yaitu melengkungkan punggung sampai berat badan terpusat di bawah tulang rusuk. Kaki mesti bersamaan diangkat keluar dari air agar tidak terseret. Posisi ini termasuk yang sulit bagi broo yang baru pertama kali mencoba. Pasalnya dibutuhkan fungsi otot-otot tertentu. Sementara jangkauan lengan keluar menuju hidung papan sepenuhnya. Gunakan jemari menyebar tepisah sebagai cangkir tangan dan bawa lengan turun melewati air dengan gerakan S kecil.

Popping Up

Teknik ini merupakan bagaimana cara menggerakkan kaki secara cepat agar bisa berdiri. Agar cepat menguasai popup biasakan berlatih di daratan secara rutin. Latihan rutin memungkinkan kekuatan lengan dan memori otot terlatih. Cara mudah untuk popup yaitu diawali dengan meletakkan tangan pada papan datar, tepat di bawah tulang rusuk. Dorong dada dari papan dengan posisi paha dan panggul masih menempel pada papan. Bawa diri ke sisi depan kaki atau sekitar posisi tangan tanpa mengandalkan lutut. Kaki belakang pun akan mengikuti otomatis.

Tidak berbeda jauh dengan surfing biasa, kate surfing juga membutuhkan tenaga cukup besar. Diawali dari berjalan di atas air hingga melompat setinggi-tingginya. Untuk pemula mungkin perlu berlatih mengendalikan layang-layang seperlu menjaga keseimbangan. Tetapi, bila sudah menguasai teknik dasar surfing biasanya akan cukup mudah melakukan kate surfing.

Jadi bisa dibilang teknik kate surfing pada dasarnya sama dengan surfing. Awalan kate surfing tidak lain adalah sufring biasa. Adapun setelah layang-layang terbang broo bisa berpegangan pada papan yang sudah terhubung pada layang-layang. Menjajal kate surfing ini memungkinkan broo mendapatkan sensasi berselancar sekaligus terbang di lautan.