Tips Buat Kalian yang Mau Trail Running di Sonoran, Gurun Terpanas di Meksiko

Dilihat 75 kali

Ketika sebagian orang memilih berlari di pagi hari untuk menghindari terik matahari, maka para penggiat trail running menantang diri mereka di tengah cuaca panas. Kegiatan berlari di alam bebas atau trail running memang mengharuskan para pelari untuk berolahraga dalam suhu dan tempat yang menantang. Dari sekian banyak lokasi yang dipilih, ada Gurun Sonoran yang jadi tempat favorit untuk trail running.

Kalau kalian belum tahu, Gurun Sonoran adalah gurun terpanas yang terletak di Meksiko. Kaktus adalah bukti dari ekstremnya temperatur gurun yang masih termasuk ke kawasan Taman Nasional Saguaro ini. Kendati demikian, antusiasme pelari trail tidak langsung surut hanya karena suhu tinggi. Bagi kalian yang tertantang buat lari di Gurun Sonoran, simak tip supaya kalian nyaman berolahraga di sana berikut ini.

Minum Sebelum Latihan

Hidrasi merupakan kunci bertahan yang paling mudah dilakukan. Minumlah air putih sebanyak 200 ml kalau kalian mau jalan atau lari selama kurang-lebih satu jam di tengah cuaca panas. Kalau lebih, kalian dianjurkan untuk minum setengah liter air putih setengah jam sebelum trail running dimulai.

Jangan Minum Berlebihan

Overhidrasi atau terlalu banyak minum ternyata akan mengganggu kinerja tubuh kalian. Pasalnya, minum air putih di luar batas yang dianjurkan malah akan memicu hiponatremia atau berkurangnya kadar garam di dalam tubuh. Kalian tidak perlu cemas karena kadar air dalam tubuh bakal kembali setelah makan.

Biarkan Keringat Mengalir

Berkeringat merupakan cara tubuh kalian untuk menstabilkan temperatur tubuh, salah satunya saat lari di tengah cuaca panas. Menghapus atau menyeka keringat justru akan menghilangkan fumgsinya sebagai pendingin. Maka, biarkanlah keringat mengalir saat kalian sedang melakukan trail running.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi kontak dengan sinar matahari kala berlari di tengah suhu ekstrem. Misalnya dengan mengenakan pakaian warna terang dan memakai topi untuk melindungi kepala. Tindakan ini juga dianggap sebagai penundaan terhadap pemanasan suhu tubuh.

Memakai Monitor Jantung

Kalau memungkinkan dan kalian punya, gunakanlah monitor jantung saat akan berlatih trail running pada cuaca panas. Alat tersebut akan membantu kalian memantau detak jantung kala berlari. Bila detaknya di atas normal, segera kurangi kecepatan perlahan-lahan.

Semoga tip ini membantu petualangan trail running kalian di Gurun Sonoran berjalan lancar!