Apa Sih Alasan Logis di Balik Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan?

Dilihat 388 kali

Bro pasti pernah mendengar larangan menggunakan baju hijau di pantai selatan. Konon bila tidak ingin hilang dibawa Nyi Roro Kidul, pengunjung pantai selatan sebaiknya tidak memakai baju warna hijau. Karena Nyi Roro Kidul sangat suka dengan warna hijau. Bila nekat bisa jadi akan terseret ombak dan hilang tidak ditemukan lagi.

Dari beberapa kasus orang hilang di pantai selatan, terakhir diketahui memakai baju hijau. Alhasil mitos tentang larangan memakai baju hijau di pantai selatan semakin heboh. Namun, sebenarnya adakah alasan logis yang menjelaskan tentang larangan tersebut?

Baju Hijau Mirip Air Laut

Terlepas dari mitos yang beredar dan diyakini masyarakat, ada penjelasan logis di balik larangan memakai baju hijau. Baju warna hijau cukup mirip seperti air laut. Khusus untuk pantai laut selatan seperti Parangtritis memang warna lautnya beda dengan laut kebanyakan berwarna biru bersih. Laut pantai selatan didominasi warna hijau. Sehingga bila ada pengunjung yang terseret ombak dan memakai baju hijau dikhawatirkan akan menyulitkan kerja tim SAR dalam pelacakan. Apalagi bila jumlah tim SAR yang turun tangan terbatas.

Hiu Tidak Dapat Membedakan Warna

Para peneliti ahli melakukan riset kepada 17 spesies hiu yang ditangkap di kawasan Australia Barat dan Queensland. Riset tersebut dilakukan menggunakan teknik micro spectrophotometry. Dari hasil riset di Australia diketahui sel batang ditemukan sebagai reseptor cahaya paling umum pada 17 spesies hiu yang diteliti. Sel tersebut berada dalam retina yang sangat sensitif dengan cahaya guna memudahkan penglihatan dalam gelap saat malam hari. Namun, sel batang pada retina hiu tidak mampu membedakan warna apa yang dilihat.

Sel dalam retina yang berfungsi membedakan warna obyek disebut sel kerucut. Adapun sel kerucut tersebut tidak ditemukan pada semua spesies hiu. Dari total 17 spesies yang dikaji, 10 spesies diantaranya sama sekali tidak mempunyai sel kerucut. Sementara pada 7 spesies yang lain memang ditemukan sel kerucut, namun hanya satu tipe dengan sensitivitas terhadap warna hijau saja. Alasan inilah yang menjelaskan mengapa sangat berisiko bahaya bila pengunjung pantai menggunakan warna hijau. Pasalnya warna hijau dapat menjadi sinyal bagi hiu untuk melepaskan serangan.

Itulah beberapa alasan logis yang menjelaskan larangan memakai baju hijau di pantai selatan. Namun, untuk penilaian akhirnya kembali lagi pada keyakinan bro pribadi. Sekian dan semoga bisa memberi informasi bermanfaat.