Bandung Aerofest Indonesia International Outdoor Festival

Dilihat 3210 kali

Tahun 2014 menjadi awal kami bersama komunitas untuk berfikir keras dan menghasilkan ide-ide yang dapat memajukan dunia outdoor yang begitu luasnya. Banyak hal kami sampaikan ke komunitas, salah satunya mengenai cabang-cabang baru dari olahraga outdoor yang akan mewarnai jagad raya ini kedepannya.

Bahwasannya Indonesia, sebagai pemilik berbagai kekayaan alam yang mempesona, sudah seharusnya outdoor activitynya menjadi yang terbaik di dunia. Maka pada tahun 2015, kami menggagas sebuah ide kecil untuk menyatukan outdoor activity dalam sebuah wadah festival yang bisa diikuti oleh semua stakeholder dan juga komunitas, sehingga terbentuk society outdoor yang dikenal sampai kancah Internasional.

Langkah berat ini terasa menjadi ringan ketika komunitas dan asosiasi sebagai wadah pelaku outdoor activity, memberikan banyak sambutan hangat untuk kami melanjutkan project "MIMPI" ini. Namun, walaupun sudah mendapatkan berbagai dukungan, kami sadar jalan kami masih panjang. Tidak hanya faktor eksternal, tetapi faktor internal juga harus dipersiapkan dengan matang.

Dengan menggandeng tim yang memiliki keahlian dibidang exhibition, kami mencoba sebuah event sederhana yang kami beri nama Indonesia Outdoor Festival {OUTFEST). Kami hanya ingin menyampaikan sedikit pesan bahwa outdoor activity adalah milik semua orang, dan tidak harus ekstrim untuk masuk ke dunia outdoor activity ini, sehingga kami menghadirkan tema "Outdoor is Yours" sebagai bentuk bahwa outdoor adalah milik kita semua.

Sambutan dari dunia outdoor dan masyarakat luas cukup menggembirakan. Masyarakat dan komunitas berduyun-duyun menghadiri Indonesia Outdoor Festival 2015 di Istora Senayan. Kami sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak atas pelaksanaan event ini, sehingga masyarakat luas dapat mengenal outdoor sebagai kegiatan yang mungkin dilakukan oleh siapa saja.

Dengan belajar dari berbagai event nasional dan internasional kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan kami yang pertama. Tapi sambutan dari dunia luar cukup menggembirakan kami, karena mereka dapat melihat begitu besarnya society outdoor yang ada di Indonesia.

Atas dasar itulah, maka di tahun 2016 ini, kami memberanikan diri bermetamorfosa menjadi " Indonesia International Outdoor Festival " atau yang kami singkat menjadi IIOutfest. Mudah mudahan cita cita ini dapat terwujud dengan hadirnya berbagai komunitas international yang dapat membagikan ilmunya pada kita, sehingga kedepan kita menjadi lebih baik.

Project "mimpi" ini masih jauh dari sempurna, tapi kami yakin dengan memulai ini, maka akan hadir semakin banyak event dan kegiatan serupa yang diselenggarakan di seluruh tanah air, sehingga society outdoor ini akan menjadi semakin besar. (ang)

Salam Lestari