Bukit Jaddih, Luka Alam yang Indah Di Daratan Madura

Dilihat 688 kali

Begitu denger kata Bukit Jaddih, mungkin lo langsung berpikir lokasi wisata yang ada di Timur Tengah Bro. Ternyata, bukit yang satu ini bukan berada di negara Arab tapi ada di Indonesia, tepatnya di Bangkalan, Madura.

Bukit ini dipakai sebagai lokasi penambangan kapur yang cukup besar di Pulau Madura. Hasil kerukan penambangan disana secara nggak sengaja bikin lokasi wisata yang keren banget.

Yang bikin beda dari Bukit Jaddih ini adalah bentuk-bentuk cadas kapur dengan pola yang nggak beraturan sebagai sisa dari penambangan kapur disana. Kalau lo lihat sekilas lebih mirip peninggalan situs kuno jaman prasejarah.

Di bagian tengah antara bukit-bukit terdapat cerukan yang  berbentuk kolam dan disebut warga disana sebagai Danau Biru. Konon kabarnya, air yang ada di danau ini bukan air hujan yang tertampung disana , tapi air dari dalam tanah yang muncul dari cadas kapur yang sudah dikeruk.

Sampai sekarang aktivitas penambangan masih berlangsung. Terlepas pro dan kontra dari penambangan ini, Bukit Jaddih terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Bukit yang satu ini bisa disebut juga fenomena alam yang unik. Orang biasanya menyebut bukit ini dengan sebutan ‘luka alam yang indah’.

Buat lo yang mau masuk lokasi ini, wajib bayar tarif masuk sebesar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000. Tarif ini udah termasuk parkir kendaraan. Di beberapa sudut lo bisa pake gubug-gubug yang dibuat khusus untuk pengunjung. Sambil istirahat, lo bisa beli makanan ringan yang dijual oleh masyarakat sekitar.

Puas menjelajahi lokasi sekitar kolam, saatnya lo coba yang lebih keren lagi disana. lo bisa naik ke puncak bukit dengan menggunakan kendaraan yang lo bawa. Jalannya menanjak dan berkelok-kelok di samping jurang yang curam dengan kedalaman 50 sampai 100 meter.

Begitu sampai di puncak bukit, lo bisa nikmatin pemandangan alam kawasan Bukit jaddih yang lebih mirip kayak kawasan kota kuno. Di atas puncak bukit ditumbuhi rerumputan. Sambil duduk santai, lo bisa nikmatin juga pemandangan sekitar Bangkalan.