Cave Diving Menyelami Gua Bawah Laut Buton

Dilihat 393 kali

Melihat Koral dan bebatuan alam tidak selalu di bawah laut. Ketika kamu sedang berada di darat, ada loh spot untuk Cave Diving. Indonesia memang kaya dengan kekayaan alamnya bro. Bahkan gua yang dialiri air tawar pun tersedia. Di video ini para komunitas diving mencoba Cave Diving di salah satu wilayah di Buton Pulau Buton Sumatera.

Dengan berbekal semua peralatan diving, para anggota diving berupaya untuk mengeksplore kekayaan Indonesia.  Senter menjadi alat wajib bagi para diver. Mereka berusaha melawan segala keterbatasan penglihatan karena ketika melakukan cave diving, visibility dari penyelam menjadi sangat terbatas.

Oleh karena itu jumlah penyelam tidak boleh terlalu banyak sehingga tidak menambah keruh visibility di dalam gua. Tabung oksigen serta selangnya menjadi tumpuan oksigen, oleh karena itu sebaiknya kapasitas oksigen tersedia dengan baik dan di isi dengan volume yang cukup, tidak terlalu banyak ataupun sedikit.  Nah disini bro diperlukan para instruktur berpengalaman sehingga ukuran oksigen bisa terbakar dengan baik.

Dengan pandangan hanya 50 meter, Cave Diving dilakukan dengan hari-hati untuk menjaga koral dan stalagnit yang menggantung di dinding ataupun atap gua. Gua yang digunakan untuk diving ini pun sudah dikelola secara baik dengan disediakannya tangga untuk menuju ke area bawah kolam gua.  Posisi ketika diving pun dijaga karena posisi kaki yang lurus ke belakang hampir tidak memungkinkan.

Ruang gerak yang sempit ditambah penglihatan yang buram menjadikan kegiatan ini menjadi ekstrim. Nah tracknya pun sudah dihapalkan oleh instruktur jadi ga perlu takut ga bisa menemukan jalan keluar.  Instruktur mengarahkan rangkaian posisi tubuh ketika berada pada ruang gua.  Secara detail, lo harus dengerin instruksi selam karena bisa fatal akibatnya kalo semau nya sendiri.

Buat lo yang tertarik ikut cave Diving, pastikan lo sudah mempunyai sertifikat menyelam. Setidaknya, lo tahu tehnik pernapasan yang digunakan ketika menyelam. Lalu, jauhkan rasa takut lo akan kegelapan karena gua identik dengan gelap sehingga peralatan senter jadi hal wajib ketika menyelam. Lalu jangan juga terlalu over excited bro.

Ingat, lo itu mengunjungi aset alam bangsa ini so jangan jadi diver yang memalukan dengan mengambil atau mencungkin bebatuan yang ada di dalam gua. Semua itu harus dijaga kelestariaannya.  Bosan diving di laut? Cobain deh Cave Diving.