Cuma Ada di Indonesia Bro! Rafting di Sungai Pakai Rakit Bambu

Dilihat 377 kali

Bro, bukan rahasia lagi jika Indonesia punya banyak sungai dengan arus yang cukup deras, sehingga cocok dijadikan arena rafting alias arung jeram. Tapi beda dengan sungai lainnya, di sungai Amandit, Kalimantan Selatan, justru Lo akan menemukan wahana rafting yang benar-benar beda dan jauh lebih menantang.

Rafting bambu. Begitulah wisatawan menyebut kegiatan ekstrem ini. Bagaimana tidak, di sungai ini Lo bisa menaklukan jeram dengan menggunakan rakit bambu. Bisa dibayangkan bagaimana menantangnya kegiatan ekstrem yang satu ini. Menyeramkan dan hanya ada di Indonesia!

Ide gila kegiatan yang nggak biasa ini berawal dari kebiasaan masyarakat Dayak Meratus, yang menggunakan rakit bambu sebagai mode transfortasi utamanya. Alhasil, kegiatan masyarakat Suku Dayak Meratus tersebut jadi salah satu daya tarik bagi turis yang datang ke sana.

Bamboo rafting sendiri dibuat dari 10-20 batang bambu, kemudian diikat menjadi rakit yang hanya sanggup menampung 3-4 orang, termasuk sang joki. Dalam 1 kali perjalanan (sekitar 2 jam perjalanan), Lo hanya perlu biaya sewa rakit sebesar 200 ribu, sudah termasuk jasa joki.

Selama perjalanan, adrenalin Lo akan terpacu dengan liarnya arus Sungai Amandit. Selain itu, di sepanjang perjalanan Lo pun akan menemukan banyak sekali keindahan alam yang nggak akan pernah Lo temukan di tempat lain, lengkap dengan air sungainya yang masih sangat jernih.

Sang pemandu rakit bambu, yang meruapakan orang Dayak asli, akan membawa kalian menyusuri sungai dari Loksado hingga Desa Tanuhi. Jangan aneh kalau sepanjang perjalanan Lo akan bertemu dengan spot-spot ekstrem berarus deras dan bebatuan yang cukup besar.

Tapi tenang saja, rakit bambu yang dipergunakan di sini berukuran cukup besar dan aman bagi siapa saja yang menaikinya. Asal tidak panik, dijamin Lo akan aman-aman saja.

FYI, Loksado sendiri merupakan rumah bagi kelompok Suku Dayak Meratus. So, tidak hanya bisa memacu adrenalin dengan bamboo rafting, di sini Lo pun akan banyak belajar mengenai kehidupan dan budaya asli Suku Dayak, langsung dari pinggiran sungai.

Buat yang tertarik mencoba baboo rafting, Lo bisa menempuh perjalanan selama 6 jam dari Kota Banjarmasin dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Gimana, tertarik mencoba wisata unik ini?