Intip Keunikan Pulau Buton, dari Gua Lakasa Sampai Penduduk Bermata Biru

Dilihat 200 kali

Pernah denger nama Pulau Buton? Yups, pulau yang ada di Sulawesi Tenggara ini dikenal sebagai pulau penghasil aspal di Indonesia. Selain itu, Buton juga punya potensi wisata yang nggak karen dibandingkan dengan spot wisata lainnya di Indonesia.

Saat traveling ke Pulau Buton sempatkan untuk mampir di spot wisata populer mereka yaitu Goa Lakasa. Gua ini terletak di Kecamatan Betoambri yang berjarak kurang lebi 9 kilometer dari kota Baubau. Yang terkenal dari gua ini adalah pemandangan air yang mengkristal dan berada di kedalaman 120 meter. Keindahan stalaktit dan stalakmit di dalam gua bisa bikin lo takjub saat memasukinya.

Meskipun sudah cukup populer, datang ke Pulau Buton bukan perkara yang mudah. Meskipun sudah ada penerbangan dari Makassar dan akses laut yang banyak, tetap aja nggak bisa setiap saat pergi ke Buton karena terkendala cuaca yang sulit diprediksi.

Kondisi jalur darat disana pun tergolong ekstrem lantaran jalannya nggak beraturan. Batu cadas dan debu beterbangan jadi teman setia perjalanan selama musim kemarau.

Menjelajah Buton kayaknya nggak lengkap kalau nggak kenalan dengan penduduk asli disana. Tapi, jangan heran kalau lo lihat penduduk asli disana punya mata biru, kulit putih, sampai rambut ikal dan pirang mirip dengan bule. Kok bisa?

Penduduk asli yang punya mata biru bisa lo temui di Pulau Siompu. Konon, dahulu pedagang asal Portugis berteman baik dengan beberapa bangsawan disana. Nah, para bangsawan ini akhirnya menikahkan putri mereka dengan orang berkulit putih ini. Kalau dilihat dari cerita ini, udah bisa dipastikan kalau penduduk di Buton yang punya mata biru adalah keturunan para bangsawan.

Buat tahu sejarah Buton lo nggak harus repot-repot membaca. Saat lo bertemu dengan penduduk asli disana yang bermata biru, mereka dengan senang hati bercerita tentang sejarah. Meskipun awalnya terkesan malu-malu, setelah lama ngobrol ternyata bisa jadi teman sharing yang asyik juga.

Sayangnya, jumlah penduduk asli Buton yang bermata biru tinggal berjumlah puluhan orang aja yang tinggal disana. Sisanya lebih memilih menetap di daerah lain seperti Ambon.

Well, Buton kayaknya terlalu kecil kalau dilihat dari pesona alamnya aja, padahal pulau ini punya banyak keindahan termasuk saudara sebangsa kita yang tinggal di Pulau Siompu ini.