Yuk, Menyelam di Negeri Es

Dilihat 986 kali

Tahu Islandia? Atau, Bro udah pernah pergi ke sana? Islandia letaknya di Eropa dan dekat dengan kutub utara. Udah pasti bisa bayangin dong, dinginnya negara ini. Ditambah lagi namanya dalam bahasa Inggris adalah Iceland atau tanah es. Jadi, dingin itu udah makanan sehari-hari orang sana. Tapi, jangan hanya lihat negara ini sebagai negara yang dingin dan dekat kutub. Disini juga ada tempat gokil buat Lo yang hobi dan maniak menyelam.

Di salah satu taman nasional di Islandia ini, ada diving spot yang banyak dikagumi oleh para penyelam dari seluruh dunia. Ada salah satu perusahaan yang menyediakan layanan menyelam atau scuba diving yang bisa Bro pakai kalau mau coba menyelam disini. Yang pasti, ini beda dengan diving spot yang biasa Lo jelajahi di tempat lain.

Bedanya, pertama dari suhu. Karena negara ini dingin banget, jadi tempat menyelam disini juga dinginnya minta ampun. Kalau Bro sering menyelam, pasti sudah paham, pas menyelam semakin dalam, suhu airnya akan semakin dingin. Badan bisa sampai gemetaran kedinginan. Nah, di Islandia ini, suhu airnya mulai dari permukaan udah kayak air es. Artinya, ini lebih parah daripada diving spot di negara lain.

Karena suhunya yang dingin banget ini, kalau Bro mau menyelam di Islandia, persiapannya beda banget. Pertama, pakaian selam yang dipakai juga beda. Lo harus pakai beberapa rangkap pakaian untuk mencegah hawa dingin. Terus, beberapa rangkap pakaian itu kembali dilapisi dengan dry suit, yaitu pakaian selam khusus buat menyelam di kutub. Ini untuk mencegah agar air es ga sampai masuk dan bikin tubuh Lo kena hypothermia. Ada juga topi khusus yang dipakai buat melindungi kepala Lo dari suhu dingin. Mungkin satu-satunya bagian tubuh yang bakalan terkena langsung air es Islandia ini adalah wajah dan sekitar mulut Lo yang menggigit alat untuk bernafas. Ini bisa mati rasa pas Lo ke darat setelah menyelam karena dingin airnya.

Terus apa yang bisa dilihat di bawah? Ga banyak sih. Fauna dan flora yang ada disini juga ga terlalu banyak, mungkin karena hawanya dingin jadi sumber makanan seperti plankton cuma sedikit. Tapi, struktur geografis di bawah permukaan airnya keren abis Bro. Bro bakalan menjelajahi tempat seperti di cerita-cerita fantasi. Ini aja udah bikin Lo melongo dan puas banget setelah menyelam di Islandia ini. Jadi, pengen coba?