Nih Raja Offroad di Trek Bersalju

Dilihat 591 kali

Hobi ngendarain kendaraan offroad bro? Nah beda dikit ama di negara kita yang treknya tanah, berpasir dan berbatu, trek offroad yang ada di video di atas ini di atas trek bersalju yang nggak cuma licin tapi juga tebal. Nggak sembarangan kendaraan bisa ngelintasin trek kayak gitu bro dan salah satu raja offroad trek bersalju ya mobil yang bisa lo liat di video itu juga, namanya Subaru Forester.

Subaru Forester merupakan mobil jenis SUV crossover dengan ukuran kompak yang diproduksi oleh Subaru dari Fuji Heavy Industries (FHI), Jepang. Subaru Forester ini pake platform dari Subaru Impreza dan jenis Subaru Forester yang pertama kali diproduksi berbasis mobil konsep Streega dipamerkan pada Tokyo Motor Show di tahun 1995.

Produksi mobil ini baru dimulai di tahun 1997. Nggak beda ama mobil besutan Subaru lainnya, Forester memakai mesin konfigurasi Boxer, dan penggerak 4WD Symmetrical All Wheel Drive. Walaupun begitu ada juga sih yang harganya lebih murah dengan penggerak roda depan aja.

Generasi pertama Subaru Forester (1998-2003) bentuknya kotak dan kalo diliat lebih mirip station wagon ketimbang SUV. Generasi pertama ini selain dipasarkan di Jepang juga diimport ke Australia walaupun dengan versi yang dikit beda. Gimana di Indonesia? Masuk juga bro tapi jumlahnya nggak banyak sepertinya.

Generasi kedua Subaru Forester (2004-2008) bentuknya masih kotak walaupun disudut-sudut bodynya sudah diperhalus dengan garis melengkung. Buat pasar Asia, Subaru Forester pake mesin EJ20 2000 cc, sedangkan yang dijual di Amerika Serikat dan Australia pake ermesin EJ25 2500 cc. Di Indonesia, Subaru Forester dijual oleh Motor Image untuk jenis X dan XT.

Generasi ketiga Subaru Forester (2009-2013) bentuknya jauh lebih beda dan bentuknya nggak lagi kotak. Forester generasi ketiga nggak lagi mengadopsi  frameless door window yang telah menjadi tradisi sejak lama. Ini dilakuin supaya Subaru Forester lebih kokoh dan suara di luar mobil nggak kedengaran di kabin mobil.

Generasi keempat yang dijual dari tahun 2013 sampe sekaranglah yang bisa lo liat ketangguhannya di video di atas artikel ini. Kalo mobil merek lain mungkin udah kewalahan ngelewatin trek bersalju, Subaru Forester keliatan enteng aja ngelintasi trek yang super licin dan berat itu bro.