Tumbuhan-Tumbuhan Inilah yang Bisa Membantumu Survive di Alam Bebas

Dilihat 941 kali

Rotan

Tidak cuma berguna untuk membuat perabotan rumah, beberapa bagian dari rotan ternyata bisa dimanfaatkan oleh mereka yang sedang tersesat di kawasan hutan dan kehabisan bahan makanan untuk survive.

Selain buahnya, beberapa bagian yang bisa dikonsumsi dari tumbuhan yang berduri ini adalah bagian batang rotan muda yang cukup mirip dengan rebung bambu. Bagian yang biasa disebut dengan bambu ini bahkan sering diolah menjadi makanan oleh masyarakat Kalimantan.

Tumbuhan-Tumbuhan

Begonia

Karena memiliki bunga yang cantik, tumbuhan yang satu ini sering dijadikan tanaman hias. Tapi ternyata tidak hanya itu,  Begonia yang tumbuh liar di hutan juga bisa kamu konsumsi saat sudah tidak ada lagi makanan yang tersisa di tasmu. Bagian yang bisa dikonsumsi adalah batangnya. Pilih yang masih muda, kemudian potong, lalu kupas bagian kulit yang berbulu sebelum kamu konsumsi.

Tumbuhan-Tumbuhan

Selada Air

Memiliki nama latin Nasturtium officinale, tumbuhan yang masuk ke dalam golongan akuatik atau semi akuatik ini bisa kamu jumpai di tepi sungai atau sumber air mengalir lainnya. Selain tidak sulit menemukannya, tumbuhan ini juga memiliki zat gizi yang tinggi.

Tumbuhan-Tumbuhan

Selain bisa dikonsumsi saat kamu tersesat di alam bebas dan kehabisan bahan makanan, banyak juga orang yang percaya tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah kanker.

Ilalang

Tumbuhan yang tumbuh dimana-mana ini ternyata juga bisa kamu konsumsi saat keadaan darurat. Bagian yang sering dikonsumsi adalah bagian umbi yang memiliki rasa yang manis dan aman untuk dikonsumsi.

Tumbuhan-Tumbuhan