Banyak yang Punya Nyali, Komunitas Olahraga Ekstrem Makin Menjamur!

Dilihat 548 kali

Popularitas olahraga ekstrem memang agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain seperti badminton atau sepak bola yang sudah dikenal oleh hampir semua penduduk Indonesia.

Olahraga ekstrem sendiri terbilang lebih menantang. Namun di sisi lain olahraga ini juga sangat berbahaya untuk dilakukan sehingga membutuhkan keahlian khusus dan nyali yang sangat besar. Dengan demikian, tidak mengherankan jika hingga saat ini pun masih banyak orang Indonesia yang merasa enggan untuk melakukan olahraga ekstrem.

Namun jika berbicara mengenai jumlah penggemar, olahraga ekstrem sendiri memiliki penggemar yang cukup banyak. Bahkan saat ini bro juga bisa dengan mudah menemukan komunitas-komunitas olahraga ekstrem di beberapa kota besar di Indonesia.

Salah satu olahraga ekstrem yang paling populer adalah parkour. Komunitas olahraga ini mulai menjamur di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Olahraga ini cukup menantang untuk dipelajari. Selain itu, bro juga gak perlu menggunakan alat-alat apapun. Cukup berlari dari point A ke point B secepat dan seefisien mungkin.

Namun tentu saja hal ini tidak semudah kedengarannya karena untuk melakukan parkour, bro harus melewati beragam rintangan di setiap lintasan yang lo lalui sambil melakukan lompatan-lompatan indah yang juga cukup berbahaya untuk dilakukan.

Di Indonesia sendiri, peminat olahraga ekstrem yang ditemukan oleh David Belle asal Prancis tersebut terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan saat ini Fanspage Parkour Indonesia telah mendapatkan 21.162 like dari para pengguna facebook di seluruh Indonesia.

Selain parkour, freestyle BMX yang telah hadir lebih dulu di Indonesia juga semakin digemari. Setiap tahunnya komunitas BMX terus menjamur di Indonesia. Lo pun bisa melihat aksi-aksi mereka dalam memperagakan trik-trik BMX yang cukup memukau di beberapa event seperti Car free day.

Selain menjamurnya komunitas olahraga ekstrem di Indonesia, even-even nasional terkait olahraga ini pun juga semakin banyak. Tentunya lo gak perlu bertanya lagi mengenai event freestyle BMX apa yang sangat bergengsi karena hamper setiap tahunnya diadakan banyak sekali event freestyle BMX yang sangat menarik. Sementara event Parkour sendiri mulai menjamur selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya yang paling bergengsi adalah Jamming Nasional - Parkour Indonesia Tri Hita Karana yang dilaksanakan di Bali pada tahun 2013 lalu.