Berani Lawan Jeram Sungai Kasembon, Malang?

Dilihat 260 kali

Bagi penggila arung jeram, nama sungai kasembon bukanlah nama yang asing. Pasalnya, sungai yang terletak di desa Bayem kecamatan Kasembon, Malang ini terbilang mudah di temukan, dan selalu menghadirkan kejutan yang tidak terduga.

Untuk menemuinya, dari Kota Malang kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 45 menit, sedangkan jika mengambil dari arah kota Kediri, kalian bisa menempuhnya sekitar 1 jam. Jangan khawatir Bro, akses menuju sungai Kasembon cukup mudah dengan banyak petunjuk arah menuju lokasi.

Selain itu, pemerintah sekitar pun sepertinya sangat peduli dengan objek wisata ini. Hal ini terbukti dengan akses jalan yang benar-benar mulus dan nyaman untuk dilalui. Walaupun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, tapi kendaraan umum pun bisa kalian gunakan sebagai alternatif.

Sungai Kasembon sendiri punya jalur rafting sepanjang 7,5 km, dan biasanya bisa ditempuh dalam 2 jam untuk pemula. Jalur ini membentang melewati desa Bayem, kemudian Desa Bejirejo, Desa Sepudak dan finish di desa Mangir, lokasi yang juga masih bagian dari wilayah kecamatan Kasembon.

Apa sih yang membuat rafting sungai Kasembon ini begitu menarik?

Salah satu hal yang paling dibanggakan dari rafting sungai Kasembon adalah, pemandangan alamnya yang menakjubkan, terutama karena lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan, sawah yang menghampar hijau dan panorama sunset di sore hari yang sulit ditemukan di tempat lain.

Tidak hanya itu, rafting sungai Kasembon menyajikan arus sungai lima kanal dengan ketinggian mencapai 2 s/d 3 meter, dengan level kesulitan berkisar 2 s/d 3. Sangat cocok bagi kalian yang berstatus sebagai pemula, tapi cocok juga bagi professional yang ingin memantapkan ilmunya.

Kalau ingin merasakan sensasi rafting yang sedkit menakutkan, cobalah untuk datang di awal musim hujan atau penghujung musim kemarau. Selain arus air yang sedang mulai meninggi, saat ini pun merupakan waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam sungai Kasembon.

Sedangkan kalau kalian lebih suka medan rafting yang damai dengan air yang sedikit lebih jernih, datanglah di pertengahan musim kemarau. Bonusnya, cuaca yang cerah di sungai Kasembon, akan menjadi daya tarik tersendiri, lengkap dengan keindahan lembayung sore-nya. Selamat bersenang-senang!