Bingung Pilih Skateboard atau Longboard? Simak Dulu yang Satu Ini!

Dilihat 792 kali

Olahraga darat menggunakan papan beroda, pasti yang pertama kali ada di pikiran adalah skateboard. Olahraga yang berasal dari California ini sudah banyak peminatnya. Para pemain skateboard bahkan sering banget dibilang keren. Kenapa? Pertama, karena skateboard termasuk olahraga ekstrem. Kedua, saat memainkan skateboard, para pemainnya punya atraksi-atraksi yang luar biasa, tentu dengan latihan dan teknik yang terus mereka pelajari. Selain itu, yang bikin mereka terlihat keren juga adalah gaya berpakaiannya yang casual dan simple banget.

Nah, ternyata sekarang nggak cuma ada skateboard. Ada juga yang namanya Longboard. Apa sih bedanya? Secara kasat mata, kedua permainan ini memang sama aja. Toh mereka sama-sama pakai papan beroda untuk berseluncur. Padahal ada beberapa hal yang membuat kedua permainan ini berbeda.

Ukuran Papan

Selain lebih lebar dan lebih berat, papan Longboard ternyata lebih panjang dari papan skateboard. Umumnya panjang papan Longboard sekitar 32-60 inci, sedangkan skateboard lebih kecil, berukuran 28-32 inci. Panjang papan ini mempengaruhi keseimbangan badan saat memainkannya.

Arena Bermain

Kalau biasanya skateboard dilakukan di tempat-tempat khusus skateboarding atau taman kota, longboarding biasanya dilakukan di jalanan-jalanan menurun perbukitan atau lembah.

Cara Bermain

Para pemain skateboard menggunakan teknik-teknik lompatan dan skill yang cukup tinggi untuk aksinya. Sekarang, seiring perkembangan zaman, skateboard pun sudah banyak macam freestyle-nya. Sedangkan longboard lebih mengutamakan kecepatan dalam menyusuri turunan/jalan-jalan menurun. Tapi nggak asal meluncur turun, longboard punya beberapa teknik dan gaya yang bervariasi seperti cruising, sliding, carving, braking, dan juga land padding.

Pada dasarnya, Longboard adalah perpaduan dari olahraga surfing dan skateboard. Karena hal itu, longboard bisa dikatakan solusi bagi para surfer yang jauh dari daerah pantai. Bisa melakukan surfing di daratan, menjadi hal yang mengasyikan bukan? Nah, saat ini, peralatan longboard memang masih sulit ditemui ketimbang skateboard. Tapi, di Jakarta sendiri sudah ada komunitas-komunitas longboard, kok.

Gimana? Kedua olahraga ini selain menyehatkan, tapi juga ekstrem dan laki banget. Lebih pilih yang mana, Bro?