Hawaii Cliff Diving, Olahraga Ekstrem Sang Raja Demi Kebugaran!

Dilihat 645 kali

Kegiatan melompat dari atas menuju kolam renang memang sudah biasa, bahkan anak-anak pun sering melakukannya lewat aksi perosotan di kolam renang. Selain itu, beberapa atlit atau orang yang bergelut dalam olahraga lompat indah pun sudah terbiasa melakukannya di kolam renang.

Tapi bagaimana kalau Lo melakukannya di teing super tinggi dengan landasan laut lepas?

Nah, inilah menarik. Olahraga ekstrem yang bernama Cliff Diving ini memang cukup menantang. Pertama, Lo akan berdiri di atas tebing. Setelah itu, lakukan peritungan yang matang, terutama target ketika dimana landasan yang akan di tuju.

Biasanya, landasan yang dipilih adalah, wilayah lautan dengan arus yang tidak terlalu besar, tidak terlalu dangkal juga tidak terlalu dalam, dan bebas batu karang. Lewat olahraga ini, perhitungan lompatan, tempat pendaratan, arah angin dan nyali, semuanya akan benar-benar diuji.

Jika melihat seluruh komponen yang ada, Cliff Diving merupakan olahraga yang sangat berisiko. Lo bisa bayangkan bagaimana jadinya kalau pendaratan yang dilakukan nggak mulus. Makanya, wajar kalau akhirnya Cliff Diving disebut sebagai olahraga ekstrem yang penuh dengan risiko.

Sejarah Cliff Diving

Sama seperti olahraga lainnya, Cliff Diving pun punya cerita asal mulanya lho! Dulu, di Kepulauan Hawaii. Ada seorang Raja dengan nama Kahekili II. Si raja bijak dan pemberani ini memerintah wilayah tersebut pada masa 1770-an.

Nah, untuk menjaga kebugaran fisiknya, dia terbiasa melompat dari tebing dengan ketinggian hingga 20 meter. Beberapa sumber cerita lain bahkan ada yang menyebut jika Raja Kahekili II biasa melakukan lompatan dari tebing setinggi 90-100 meter ke lautan lepas.

Rupanya, sang raja nggak mau melakukan ini sendirian. Dengan dalih untuk menguji kesetiaan para penjaga dan pasukannya, Raja Kahekili II memerintahkan kepada prajuritnya tersebut untuk ikut terjun ke dalam lautan. Nah sejak saat itu, Cliff Diving pun jadi olahraga terkenal di Hawaii.

Nah buat Lo yang ingin melihat olahraga Cliff Diving langsung di tempat pertama kali ditemukan, mendingan intip yuk video yang berjudul Hawaii Cliff Jumping 2016 yang diunggah akun YouTube Tanner Braungardt.