Ini Tempat Menyaksikan Lava Spektakuler

Dilihat 33 kali

Menyaksikan aliran lava panas dengan mata kepala kita sendiri mungkin menjadi salah satu hal yang ingin kita lakukan. Melihat lava mengalir dengan membaranya dari dalam bumi akan memberikan kesan tersendiri. Namun perlu disadari bahwa hal ini sangat berbahaya karena untuk menyaksikannya lo harus berada sangat dekat dengan kubah lava.

Ilustrasi gunung memuntahkan lahar. Source

Ada beberapa tempat di dunia yang mewadahi para petualang untuk menyaksikan langsung lava panas ini dari jarak yang sangat dekat. Berbahaya sudah pasti, tapi sebanding dengan kepuasan yang lo dapat. Berikut tempat-tempat untuk melihat lahar gunung api dari dekat.

Kilauea, Hawaii-Amerika Serikat

Di Hawaii terdapat gunung api yang sangat aktif bernama Kilauea. Banyak operator tur yang menawarkan paket wisata untuk melihat lava membara tersebut dari gunung berapi ini yang mengalir ke laut. 

Lava gunung Kilauea. Source

Gunung Kilauea sendiri masuk ke dalam kawasan Hawaii Volcanoes National Park dan membuka kesempatan bagi pengunjung untuk melihat dari jarak dekat lava panas yang dimuntahkan oleh gunung tersebut ke laut.

Lava panas yang mengalir ke laut ini telah ada sejak 28 tahun silam. Gunung ini merupakan gunung api bawah laut yang muncul ke permukaan dengan tinggi 4.168 meter. Itulah kenapa gunung ini selalu memuntahkan lavanya sepanjang hari.

Pacaya, Guatemala

Gunung Pacaya terletak sekitar 30 KM dari pusat ibu kota, yaitu Guatemala City. Gunung berapi yang satu ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Pacaya dan menjadi populer untuk para petualang ekstrim. 

Trek lava Gunung Pacaya. Source

Gunung yang memiliki ketinggian 2.552 meter ini pernah mengalami erupsi hebat pada 1965 silam dan sejak saat itu Pacaya selalu memuntahkan lava pijar secara berkala.

Trek Lava Gunung Pacaya. Source

Para petualang yang berniat ke tempat ini wajib ekstra hati-hati saat mendaki. Meskipun terlihat padam, namun lava yang mereka injak bisa sangat panas, nggak jarang sepatu-sepatu pengunjung meleleh saat berada dekat dengan lava.

Gunung Etna, Sisilia-Italia

Kekuatan Gunung Etna nggak perlu diragukan lagi, karena pernah tercatat sebagai salah satu gunung paling aktif di dunia karena hampir selalu dalam keadaan meletus. 

Gondola Gunung Etna, Sisilia-Italia. Source

Gunung yang memiliki tinggi 3.320 meter ini memiliki dua cara untuk dikunjungi. Yang pertama, dapat menumpang gondola hingga ketinggian 2.500 meter kemudian dilanjutkan dengan kendaraan khusus atau dengan berjalan menuju kawah di ketinggian 2.920 meter.

Pemandangan aliran lahar Gunung Etna. Source

Para petualang tak dijamin akan dapat melihat aliran lahar tersebut, karena terkadang hanya berupa kepulan asap vulkanik yang pekat. Namun bila beruntung, aliran lahar yang lo saksikan bakal menimbulkan kesan tersendiri buat lo.

Walau tergolong gunung sangat aktif, namun pihak pengelola mengatakan gunung ini cukup aman untuk dikunjungi. 

Gunung Nyiragongo, Kongo 

Di benua Afrika, tepatnya di Republik Demokratik Kongo, ada salah satu gunung api paling aktif juga di dunia yaitu Gunung Nyiragongo.

Berlokasi di Great Rift Valley yang terletak di bagian timur negara tersebut. Tempat ini adalah salah satu tempat untuk melihat lava pijar terbaik di dunia, sayangnya lokasi ini merupakan daerah konflik, sangat jarang pengunjung yang berani mendaki ke sana.

Tercatat hanya beberapa peniliti dan petualang nekat yang pernah mencapai puncaknya bahkan berkemah di sana. Kawah gunung ini memiliki diameter 1,2 kilometer dan menjadi danau lava terbesar dan teraktif di dunia. Suhu di dalam kawah ini sendiri dapat mencapai 1.000 derajat celcius, saking panasnya lava pijar di dalam kawah ini terlihat meletup-meletup hingga ketinggian 30 meter.

Seorang peneliti mendirikan tenda di bibir kawah Gunung Nyiragongo. Source

Kondisi alam di sekitar kawah sangat keras karena diselimuti kabut asap asam dan mengandung partikel logam berat.

Featured Image

Sumber