Menjelajahi Perut Karst Gua Barat

Dilihat 81 kali

Gua Barat terletak di Gombong Selatan, Kabupaten Kebumen. Nama 'Barat' bukan berarti letaknya di barat atau gua nya yang menghadap barat. Nama tersebut di ambil dari kata 'Angin' dalam bahasa jawa. Perut karst yang berliuk dan hembusan angin menjadi salah satu tantangan extreme para penggila gua.

Ilustrasi Gua Barat. Source

Gemuruh air dan hembusan angin akan terasa saat pertama kalo menginjakkan kaki di mulut Gua Barat. Getarannya terasa seperti ucapan 'Selamat Datang' akan kehadiran lo di gua ini. 50 meter pertama, setiap petualang akan di manjakan dengan jalanan yang telah tertata rapi. Tantangan akan di suguhkan dalam perjalanan berikutnya.

Cahaya senter akan menjadi pedoman dalam setiap langkah lo, salah melangkah akan beresiko cedera. Jalanan licin dalam kegelapan akan menjadi tantangan lo dalam menjelajahi gua ini. Terpeleset dan jatuh mungkin menjadi kebiasaan lo dalam perjalanan di gua ini.

Ilustrasi Penjelajah Gua Barat. Source

Di balik tantangan tersebut, lo akan di suguhi pemandangan stalagtit yang menghiasi Gua Barat. Sungai yang terdapat di spot ini terlihat seperti saluran air yang terbentuk akibat proses alamiah. Hal yang lebih menariknya lagi, Gua Barat juga di sebut sebagai  gua dengan 100 air terjun. Yang paling terkenal adalah Superman's Big Sister yang memiliki tinggi hingga 32 meter.

Spot ini cocok bro untuk menguji adrenalin dan nyali lo. Berbagai tantangan di sini dapat mengsi rasa haus petualangan lo! Berani enggak bro datang ke Gua Barat?

Featured Image

Sumber