Taman Nasional Sebangau, Rumah Bagi Reptil Kalimantan

Dilihat 142 kali

Hutan belantara Kalimantan merupakan rumah bagi ribuan reptil dengan beragam spesies. Salah satu area untuk lo temuin para reptil tersebut adalah Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah. Taman Nasional Sebangau termasuk ke dalam tiga wilayah yaitu Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Ilustrasi Taman Nasional Sebangau. Source

Seluas 568.700 hektar, taman nasional ini merupakan ekosistem rawa gambut yang terbentuk dari jutaan tahun lalu dan taman nasional ini diresmikan pada 2004. Hingga kini Taman Nasional Sebangau menjadi rumah bagi 54 spesies ular, 15 jenis mamalia dan 182 jenis burung.

Terdapat pula area Sungai Koran yang biasa di sebut "jalur reptil".  uniknya, sungai ini berwarna hitam pekat karena memiliki zat tannin yang cukup tinggi. jalur ini memiliki lebar 2-3 meter hawa dingin akan menemani setiap pengunjung jalur ini. Di jalur ini lo bisa nemuin berbagai jenis ular dan reptil, khususnya di malam hari. Akan tetapi ular yang paling ditakuti di jalur ini adalah viper.

Ilustrasi Ular Viper. Source

Ular Viper memiliki bisa paling mematikan di dunia. Ular ini biasanya bercengkrama di atas pohon jalur reptil dan menunggu setiap mangsa yang lewat. Apabila lo bernyali, cobain bro melintasi jalur reptil di malam hari. Dengan begitu, lo bisa menguji adrenalin lo dan melihat penghuni asli jalur tersebut. Akan tetapi, jangan lupa persiapan yang matang untuk melintasi jalur ini.

Featured image

Sumber