Bareng 4 Suku Ini, Lo Bakalan Dibawa Ke Indonesia yang Masih Asli

Dilihat 81 kali

Pesona Indonesia emang nggak akan pernah bikin bosen untuk di explore. Lo bisa menjelajahinya mulai dari ujung barat sampai ujung timur Nusantara dengan pesona alam yang luar biasa. Nggak jarang, ada spot wisata yang sengaja dibuat untuk menarik minat para traveler datang ke tempat itu.

Ternyata, di era modern kayak sekarang, masih ada beberapa daerah yang masih mencerminkan keindahan Indonesia yang masih asli. Nggak percaya? Ini buktinya!

Suku Baduy di Banten

Kampung wisata ini terletak di Desa Cibeo Kabupaten Lebak. Jaraknya sekitar 40 km dari Rangkasbitung. Untuk akses jalannya sendiri terbilang sangat gampang, makanya nggak butuh banyak biaya buat sampe di spot yang satu ini.

Ciri khas dari kampung wisata ini adalah lo bisa nginap di rumah adat Suku Baduy yang terbuat dari bambu dan ijuk. Kalau lo lihat, semua bangunan yang berdiri disana mengarah ke arah yang sama. Bukan cuma itu, lo nggak boleh pake peralatan modern apapun dan cuma hidup mengandalkan alam aja. Seru!

Suku Dayak Tomun di Kalimantan Tengah

Letaknya ada di Desa Lopus, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau. Di desa ini lo bisa sewa rumah singgah untuk menginap dengan tarif yang sangat murah. Saat lo datang ke desa ini biasanya akan disambut dengan ritual sederhana dengan mengikatkan tali di lengan sebagai simbol keselematan. Nah, di Kampung Dayak Tomun lo bakalan diajarin gimana caranya hidup dengan mengandalkan alam aja.

Suku Asmat di Papua

Buat lo yang penasaran datang ke Suku Asmat, butuh izin khusus dalam bentuk surat jalan. Penduduk Suku Asmat tinggal di Teluk Flamingo dan Teluk Cook di wilayah pesisir barat daya Papua.

Waktu yang tepat datang ke lokasi ini adalah bulan Oktober. Biasanya, bulan ini sering digelar Festival Kultur dan Seni Asmat. Lo bisa lihat langsung tarian dan upacara adat yang biasanya juga memperlihatkan senjata karya Suku Asmat.

Suku Toraja Utara

Datanglah sekitar Juli – Agustus tiap tahunnya, soalnya lo bisa lihat tradisi Ma’nene. Itu lho, tradisi membersihkan dan mengganti baju mayat leluhur.

Upacara ini biasanya diadakan oleh masyarakat Baruppu yang tinggal di pedalaman Toraja Utara. Bukan cuma keren, tradisi ini bisa disebut unik. Makanya, jangan heran banyak banget turis datang yang penasaran buat lihat langsung tradisi ini secara langsung.