Begini Serunya Buzkashi, Olahraga Berebut Bangkai Asal Afghanistan

Dilihat 270 kali

Alam Afghanistan memang ekstrem, bahkan negara ini menjadi salah satu tempat yang paling tidak direkomendasikan untuk dikunjungi. Pasalnya, keselamatan warga asing sangat tidak terjamin di sini, dimana alam liar dan pemberontak menjadi ancaman serius saat main ke negara ini.

Tapi walaupun begitu, ternyata Afganistan pun menyimpan banyak keindahan dan keunikan tradisi yang unik, salah satunya Buzkashi, yang merupakan salah satu olahraga ekstrem sekaligus nyentrik karena para pemainnya akan memperebutkan bangkai kambing.

Uniknya lagi, Buzkashi sendiri dimainkan dengan jumlah peserta yang tidak terbatas, dan para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan kuda. Selain itu, bangkai Kambing yang digunakan dalam permainan ini akan dipotong bagian kepala dan betisnya.

Setelah itu, tubuh kambing tanpa kepala dan betis ini akan direndam dalam air dingin selama 24 jam. cara ini dilakukan agar bangkai tersebut kuat dan bobotnya lebih berat. Terkadang, bangkai pasir pun akan diisi dengan pasir untuk memberikan bobot ekstra.

Selama bermain, nantinya bangkai tersebut akan diperebutkan, kemudian dibawa lari untuk dimasukan ke dalam sebuah lingkaran, yang dikenal dengan nama Lingkaran Keadilan.

Yang paling menarik, ternyata lingkaran ini memiliki makna tersendiri, dimana di dalamnya terkandung unsur keadilan, kekuatan dan semangat membawa warga Afghanistan. Selain itu, permainan ini pun cukup keras, bahkan terkadang menimbulkan korban cidera.

Untuk mengurangi risiko cidera, para peserta Buzkashi ini biasnaya akan menggunakan pakaian tebal dan turban atau pelindung kepala yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan cambuk atau tendangan sepatu boot, dan kondisi ekstrem lainnya.

Permainan ini bisa berlangsung selama beberapa hari, dimana pemenangnya akan mendapatkan banyak hadiah yang cukup menarik, dari mulai uang hingga sejumlah barang berharga.

Buzkashi sendiri merupakan olahraga ekstrem yang dijadikan sebagai alat untuk menjaga moral dan semangat pasukan selama berada di medan perang. Bahkan saat ini Buzshaki dinobatkan sebagai olahraga nasional dan rutin dilakukan diwaktu-waktu tertetu.

Sayang bro, olahraga ini benar-benar milik Afganistan. Sehingga orang yang melakukan olahraga ini harus penduduk Afganistan, atau mereka yang bekerja di militer negara tersebut. Gimana, keren bukan?