Cobain Bro Keseruan Kite Boarding di Pulau Tabuhan

Dilihat 141 kali

Banyuwangi jadi destinasi baru para wisatawan penggemar wisata laut nan eksotis khas negara Asia. Banyak wisatawan melirik Banyuwangi sebagai destinasi wisata yang terkenal dengan ombak laut bergulung cocok untuk bersurfing. Salah satu destinasi wisata Banyuwangi bernama Pulau Tabuhan. Berada diantara kepulauan Bali, Tabuhan menjadi salah satu tempat favorit untuk Kite Boarding karena beberapa faktor.

Kebanyakan pantai di Banyuwangi terkenal dengan ombak bergulung yang besar. Lain halnya dengan Tabuhan. Walaupun berada di satu kepulauan, Tabuhan tidak memiliki ombal laut yang besar, selain itu,angin pantai yang satabil mampu menggerakkan kita boarding sehingga kite boarding terbang sempurna. Angin yang berkisar dikecepatan 20 knot.

Kerena beberapa alasan tersebut, maka tahun lalu digelar meriah kompetisi Kite Boarding dengan tajuk “Tabuhan Island Pro Kiteboarding”. Events ini ga main-main loh bro karena menghadirkan sekitar 50an peserta datang dari berbagai negara di dunia. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata cuma 2 orang datang dari Bali. Negara-negara yang berpartisipasi diantaranya dari negara Eropa seperti Belanda, Prancis, Spanyol dan Jerman. Ga ketingggalan juga partisipan dari Asia dan Amerika. Event Kite Boarding ini sangatlah menguntungkan mengingat ini merupakan gabungan dari olahraga dan parisiwata. Dengan mendatangi Pulau Labuhan, para atlit Kite Boarding semakin mendapat bukti bahwa Indonesia mempunyai alam indah, terutama laut dan pantainya.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata yang mempromosikan dan mengadakan event ini bukan orang Indonesia, melainkan orang Belanda bernama Jeroen. Dia mengatakan bahwa di Indonesia popularitas Kite Boarding belum seterkenal snorkling ataupun diving. Walaupun begitu, tetap olahraga Kite Boarding mendapat perhatian khusus dengan omzet penjualan kita boarding yang cukup menguntungkan. Tidak hanya Pulau Tabuhan saja, daerah kepulauan lain seperti Sumbawa dan Aceh bisa jadi tuan rumah Kite Boarding berikutnya. Bonus dari Pulau Tabuhan lain yaitu hamparan pasir putih dan garis pantai yang lurus sehingga para wisatawan dapat dengan mudah bermain pasir ataupun berenang disekitar pantai. Dengan luas pulau yang tidak terlalu luas, maka akan sangat mudah bagi pemerintah lokal untuk mengontrol kebersihan dari pulau. Air laut yang hijau tosca membuat suasana pantai seperti bukan di Indonesia. Tips untuk lo yang mau stay di Pulau Tabuhan, lebih baik membawa berbagai kelengkapan akomodasi karena untuk membeli perlengkapan perlu untuk menyebrang ke Pulau Bali. Lumayan merepotkan tapi semua terbayar dengan pulau yang indah.