Gunung Kilauea, Exotically Hot

Dilihat 184 kali

Kalau Bro ga percaya adanya neraka, coba deh, pergi ke Gunung Kilauea. Lo pasti lihat maket dari neraka di danau lava yang ada di gunung ini. Gunung ini pernah meletus tahun 1983 yang lalu, dan sampai sekarang masih aktif. Jadi, ini benar-benar ekstrim dan bahaya. Jadi pengen cepetan kesana, bukan, Bro?

Yang menarik, ada sebutan lava abadi di gunung ini. Seperti api abadi, lava yang ada di danau lava di gunung ini ga akan pernah membeku dan mengeras. Tapi, sebenarnya ga gitu juga sih. Lava yang keluar dan kena suhu lebih dingin, jelas membeku dan mengeras. Tapi, gunung ini terus muntah lava. Pas meletus dulu, terbentuk Kawah Halemaumau. Nah, di cekungan kawah ini, lava itu tersu keluar. Jadi, kalau Lo lihat dari atas helikopter, ini mirip banget sama danau. Isinya ga seger kayak danau-danau biasanya, tapi lava panas yang terus menggeliat.

Setiap hari, Gunung Kilauea rajin muntah lava antara 250 ribu sampai 650 ribu kubik. Jadi, jangan khawatir, Bro ga akan kehabisan lava tiap harinya. Meski dijuluki danau lava abadi, tapi peneliti punya prediksi kalau gunung ini akan berhenti muntah kira-kira 100 tahun lagi. Artinya, Lo masih ada banyak kesempatan buat ke sini dan lihat danau lava.

Tapi jangan harap, Bro bisa ke pinggiran danau terus selfie dengan background danau lava. Kalau Lo ke pinggirnya, bisa langsung kebakar, karena panas banget. Buat wisatawan, bisa liat dari Musum Jaggar yang juga jadi lokasi memantau kondisi gunung dan danau lava ini. Dari museum ini, Lo bisa lihat dengan jelas bagaimana replika dari neraka versi kecil ini.

Disini, Bro juga bisa dapat banyak informasi tentang danau lava, Gunung Kilauea dan banyak lagi. Ada pemandu yang bisa bantu Lo kalau pengen tahu tentang gunung ini atau kalau Lo mau tanya-tanya soal wisata ekstrim ini. Ga ekstrim juga sih, lah wong, Lo ga pergi nyemplung danau lava itu, kan? Yang jelas datang ke museum ini antara jam 8.30 pagi sampai 5 sore. Dan lihatlah neraka!