Heli Skiing? Di sini Aja, Bro!

Dilihat 321 kali

Bagi para penggemar olahraga ekstrem, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Heli Skiing. Memang kegiatan ini tidak familiar di Indonesia karena memerlukan area yang bersalju. Heli Skiing itu sendiri merupakan kegiatan off trail, ski downhill, atau snowboarding yang melibatkan helikopter sebagai sarana pendukungnya. Di dunia, terdapat banyak destinasi menarik yang patut dicoba untuk heli skiing di antaranya adalah sebagai berikut:

Rikgransen, Swedia

Lokasi ini berada sekitar 300 km di sebelah utara Lingkaran Arctic dengan total area heli skiing seluas 5000 km persegi dengan lebih dari 100 puncak. Riksgransen menawarkan pengalaman alam liar yang benar-benar menantang. Mountain Guide Travel menawarkan program untuk kelas menengah yang dekat dengan resort dan menawarkan lintasan vertikal hingga 1000 meter. Karena siang hari di sana lebih panjang, kegiatan heli skiing di sana beroperasi sampai 24 Mei dengan jumlah minimal 5 orang per kelompok.

Lech/ Zurs, Austria

Sama seperti Perancis, Austria memiliki peraturan yang cukup ketat terkait heli-skiing. Namun kalian bisa melakukannya di wilayah Arlberg. Heli-skiing meninggalkan Kriegerhorn di atas Lech atau Flexenpass di atas Zurs. Untuk kelas sedang, Lech Ski School mengatur perjalanan dari puncak Schneetal atau dari Mehlsack untuk yang lebih professional. Kedua rute tersebut turun ke wilayah Zug.

Whistler, Kolombia

Tempat ini menawarkan destinasi yang sangat menantang sekaligus menyenangkan untuk heli-skiing. Operator heli-skiing di sana menawarkan program untuk berbagai tingkatan kemampuan. Untuk kelas menengah, Whistler menawarkan area vertikal sejauh 2400 meter. Sementara itu untuk kelas professional disediakan program Ultimate Excursion yang menawarkan area vertikal sejauh 4500 meter. Operator ini telah menyediakan 16 zona yang teridentifikasi meliputi Surf Creek, Noel, Sugus, Rutherford dan kembali ke heliport (sekitar 10 menit berkendara dari Desa Whistler.

Telluride, Colorado

Telluride di Colorado merupakan destinasi yang patut dikunjungi oleh para petualang di tingkat menengah. Telluride Helitrax merupakan operator yang menawarkan petualangan Heli-Skiing di sana. Biaya heli-skiing di sana tidak termasuk makanan dan minuman.

Selain destinasi yang telah disebutkan di atas, tentu masih ada banyak lagi destinasi heli-skiing lainnya yang tidak kalah menarik seperti Ste Foy dan Tignes di Perancis, Gressoney di Italia, dan Zermatt di Swiss.