Ini Adalah Gunung Terbersih, Kalo Berada di Indonesia Gimana Yah?

Dilihat 230 kali

Suka mendaki? Kalau Bro suka melakukannya, pasti setuju deh, kalau kita bilang, gunung ga ada yang bersih. Sayang banget emang, tapi itulah kenyataannya. Tetapi, kalau kalian pergi ke Vinson Massif, kalian ga akan menemukan sampah. Ini bisa dibilang gunung terbersih didunia. Pingin? Tempatnya di Kutub Selatan, Bro!

Salah satu dari gunung di daftar 7Summits yang Lo harus cicipi, dengan tinggi 4.897 mdpl dan letaknya ya itu, di kutub. Kesini, yang jelas Lo butuh biaya besar. Administrasinya juga ribet, karena memang tempat ini jadi tempat penting buat dunia. 49 negara rame-rame mengirim peneliti mereka kesini buat penelitian dan tempat ini juga dijadikan zona netral politik. Pokoknya tempat paling penting deh, Bro.

Yang dimaksud paling bersih disini, Lo ga boleh buang sampah sembarangan. Bukan hanya sampah dari makanan atau sejenisnya. Sampah yang keluar dari tubuh Lo juga ga boleh dibuang disini. Loh, kalau mau BAB atau pipis, gimana? Ada dua cara yang bisa Bro pakai. Yang pertama, pakai toilet yang ada di Union Glacier, bandara tempat pesawat Lo mendarat. Isi dari buangan orang-orang yang pakai toilet disini juga ga langsung dibuang ditempat. Toilet ini pakai sistem pompa, jadi setelah penuh, isi buangan Lo dan orang-orang dari seluruh dunia yang kesini dibawa pergi dan dibuang di tempat lain.

Terus pas mendaki gimana? Nah, kalau ini, Lo bisa pakai ember NASA. Ember ini isinya pasir yang khusus dibuat oleh pihak NASA. Kalau Lo BAB atau pipis disini, langsung kering dan ga bau. Dan, jangan juga buang di gunung Vinson Massif, ntar masalah besar.

Masalah besar yang kita maksud disini ada hubungannya sama negara, Bro. Kayak yang kita sebutin diatas, tempat ini tempat penting bagi negara-negara, dan dipakai buat penelitian aja. Nah, para pendaki disini bisa dibilang kayak orang ga penting. Kalau sampai melanggar peraturan ini, bukan hanya Lo yang di-blacklist, tapi negara Lo, alias Indonesia tercinta ini yang juga kena.

Kalau saja gunung-gunung di Indonesia ada aturan kayak gini, pasti jadi lebih indah, kan Bro? Mendaki jadi lebih menarik dan Lo juga tambah semangat buat mencapai setiap puncak di Indonesia.