Kilimanjaro Itu  Mantep, Inilah Penyebabnya

Dilihat 233 kali

Pengen mendaki? Coba Kilimanjaro. Kenapa? Ini nih, alasannya Bro.

Gampang

Dari 7 puncak di daftar 7Summits, Kilimanjaro bisa dibilang yang paling muda. Bahkan, anak kecil usia 6 tahun dan orang tua usia 83 tahun, pernah sampai puncaknya. Masak Lo ga bisa. Meski kita katain gampang, tapi masih ada aja resiko, seperti batu longsor atau penyakit ketinggian.

Mudah Dijangkau

Mungkin lokasinya cukup terpencil, di Tanzania. Tapi, disekitar area pendakian, udah banyak fasilitas penginapan dan sejenisnya yang bisa Lo manfaatin. Ditambah lagi, Bro bisa nemu banyak porter yang bisa bantu.

Bersih

Kilimanjaro National Park bersih banget dari sampah. Ini karena, petugas disitu akan menimbang tas Bro pas masuk dan keluar. Kalau ada perbedaan mencolok, kena hukum atau denda. Jadi, jangan buang sampah sembarangan.

Keajaiban Alam

Letaknya di garis khatulistiwa, tapi ada salju diatasnya. Bro bisa ngerasain perbedaan iklim, dari tropis ke iklim kutub pas mendaki gunung ini. Lo juga bisa liat hewan dan tumbuhan yang beda banget antara daerah dasar dan puncak. Menakjubkan banget!

Efek Global Warming

Kalau Lo masih ga percaya kalau global warming ada efeknya, pergi ke puncak Kilimanjaro. Lo bisa liat glacier yang seharusnya jadi salju abadi menguap akibat iklim yang semakin memanas.

Makna Kilimanjaro Itu Sendiri

Gunung ini punya makna besar bagi masyarakat sekitar. Selain sebagai ladang untuk mencari nafkah, artinya kalau Bro sekalian kesini, pasti akan membantu perekonomian masyarakat sekitar, gunung ini juga lambang kemerdekaan dan kebebasan. Dulu, pas Tanzania merdeka pertama tahun 1959, orang yang menjadi Presiden pertama mereka, Julius Nyerere, mengatakan akan menyalakan lilin di puncak Kilimanjaro untuk menyatakan ada cahaya terang yang datang di negeri mereka. Dalem banget, Bro! Karena ini juga, puncak Kilimanjaro diberi nama Uhuru Peak. Uhuru ini artinya Kemerdekaan dalam bahasa Swahili, bahasa lokal Tanzania.

Tujuan Mendaki

Yang unik, banyak orang mendaki ke puncak untuk tujuan memperingati satu hal. Misalnya lulus kuliah, prestasi kerja, cari donasi atau bahkan baru menikah atau cerai. Kalau, Lo, Bro memperingati apa, ya?

Lihat Dunia Lain

Bukan Dunia Lain yang serem itu, Bro. Kalau Lo sampai puncak, Lo bisa lihat, pemandangan baru, indah dan menakjubkan dunia ini. Bisa buat Lo bersyukur dan bahagia akan planet tercinta kita ini. Jadi, siap mendaki?