Les Eyzies de Taynac, Pemukiman Unik di Bawah Tebing Batu di Prancis

Dilihat 166 kali

Pernah kepikiran nggak bangun sebuah rumah di bawah tebing yang curam? Jangan berpikir ngeri dulu. Karena kalau lo lihat desain rumah di Perancis ini, bisa jadi lo malah akan tertarik. Nggak percaya?

Sebuah komunitas masyarakat di Dordogne yang berlokasi di Perancis bagian Selatan mendirikan rumah berjejer di bawah tebing. Rumah mereka pada akhirnya terlihat seperti dijepit oleh deretan batu-batu tebing yang besar.

Lo bisa lohat pemandangan yang unik ini di salah satu sudut kota kecil di Les Eyzies de Taynac, Perancis. Sekilas, mungkin lo berpikir kalau batu-batu tebing yang besar seperti akan jatuh kapan saja lo lengah. Terlebih lagi, posisi rumah tersebut memang menyatu sehingga menimbulkan kesan penyatuan rumah dengan tebing. Ditambah lagi warna-warna dinding rumah di cat sama seperti warna batu tebing. Tapi lo nggak perlu takut, karena rumah-rumah ini kokoh untuk ditinggali.

Les Eyzies de Taynac dikenal karena punya banyak gua yang terpendam dan sudah berusia lebih dari 28 ribu tahun Bro. Tahun 1868, gua-gua ini nggak sengaja ditemukan saat sedang membuat proyek jalan.

Selain deretan rumah yang nempel dengan tebing batu, disana juga lo bisa lihat fosil Homo Sapiens dari era European Upper Paleolithic dan juga artefak lainnya yang berusia sangat tua, yaitu 40 ribu sampai dengan 100 ribu tahun lalu.

Meskipun Les Eyzies de Taynac adalah kota kecil, dulunya kota ini diperkirakan mempunyai populasi cukup besar Bro. Ini dibuktikan dari banyaknya peninggalan jaman purba yang ditemukan.

Ada hal yang menarik lainnya yang bisa lo lihat disana. Selain rumah yang nempel dengan tebing batu, fosil manusia purba, dan artefak jaman purba, disana juga lo bisa lihat benteng abad pertengahan yang dibangun di bebatuan. Ada juga gereja yang dibangun dan dijadikan sebagai benteng pertahanan dan banyak museum yang menyimpan benda-benda bersejarah. Ditambah lagi dengan 150 situs purbakala dan 25 gua yang bikin petualangan lo di Les Eyzies de Taynac semakin luar biasa.