Menelusuri Akar Sejarah Makhluk Mitologi Bali

Dilihat 27 kali

Bali merupakan pulau yang terkenal akan adat, tradisi, legenda dan mitos masyarakatnya. Dari cerita- cerita tradisional tersebut terdapat karakter yang membentuk makhluk mitologi seperi Leak, Rangda, dan Barong. Ternyata akar sejarah dari makhluk mitologi tersebut terdapat di Situs Calon Arang, Kediri.

Situs Calon Arang merupakan sebuah tempat bersejarah peninggalan era kerajaan Kediri. Lokasinya terletak di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Dari tempat ini juga tempat lahir tarian Rangda dan Barong yang biasa di praktekkan di Bali.

Ilustrasi Tari Rangda. Source

Rangda adalah ratu pemimpin Leak, mahluk mistis di Bali, namun Rangda juga berarti janda. Hal ini mengarah ke kisah Calon Arang yang dikenal di Jawa dan Bali, Seorang janda sakti pemuja Dewi Durga yang hidup di masa Raja Airlangga dari Kediri. Calon Arang sendiri adalah penyihir sakti mandraguna yang memiliki anak cantik jelita, akan tetapi tidak ada yang berani menikahi karena ibunya tukang sihir.

Calon Arang pun mengutuk masyarakat hingga banyak yang meninggal. Raja Airlangga lantas menugaskan Empu Baradah yang cerdik untuk mengalahkan Calon Arang dengan cara mencuri buku mantra miliki Calon Arang. Versi lain juga menyebutkan hal yang lebih positif, yakni Calon Arang adalah seorang perempuan yang dimurnikan jiwanya, dihilangkan rintangannya dan jiwanya masuk ke surga.

Lokasi situs Calon Arang bisa menjadi salah satu destinasi  petualangan lo untuk mengenal lebih dalam sejarah yang ada di Kabupaten Kediri. Area yang memiliki suasana rindang di kelilingi pohon-pohon akan membuat sejuk petualangan lo.

Meskipun terlihat agak menyeramkan, akan tetapi sejarah yang menghubungkan dengan Bali yang menjadi salah satu daya tarik wisata manca negara bisa lo pelajari di spot ini. Minat enggak bro?

Featured Image 

Sumber