Menelusuri Tradisi Tato Di Mentawai

Dilihat 46 kali

Suku Mentawai memiliki tradisi yang unik dengan menggunakan tato. Bagi suku Mentawai, tato merupakan busana abadi yang dapat di bawa sampai mati. Tato juga menunjukkan jati diri atau status sosial. Berikut hal-hal menarik tentang tato Mentawai.

Tato Tertua Didunia

Suku mentawai mulai mentato badan mereka sejak kedatangannya pada Zaman Logam (1.500 SM- 500 SM). Menurut para leluhur suku mentawai, Tato merupakan roh kehidupan.

Masyarakat Mentawai. Source

Makna Tato; Fungsi Keseimbangan Alam

Dalam tradisi suku mentawai, objek seperti batu, tumbuhan atau hewan harus di abadikan di tubuh mereka. Suku Mentawai menganggap semua hal memiliki jiwa.

Membuat Tato Dalam Tiga Tahap

Dalam tradisi Suku MEntawai, proses pembuatan Tato itu ada tiga tahap. Tahap pertama saat seseorang berusia 11-12 tahun, dilakukan penatoan di pangkal lengan. Tahap kedua saat 18-19 tahun, Menato di bagian paha. Tahap ketiga setelah dewasa.

Bahan-Bahan Tato Di Dapat Dari Alam

Kayu Karai Yang Diruncingkan berfungsi sebagai jarum dan pewarna terbuat dari pisang dan arang tempurung kelapa. Bahan-bahan tersebut di dapat di hutan Pulau Mentawai.

'Sipatiti' Di Bayar Dengan Seekor Babi

Sipatiti adalah seorang pembuat tato yang di bayar dengan seekor babi. Tato di Mentawai harus menggunakan upacara dan ritual.

Featured Image

Sumber