Mengenal Sejarah Mada'in Saleh

Dilihat 129 kali

Timur tengah memang banyak meninggalkan spot spot kuno dengan legenda, mitos, atau sejarahnya masing-masing seperti Kuil Petra di Jordania atau Piramida di Mesir. Salah satu tempat bersejarah lainnya adalah Mada'in Saleh di Madinah- Arab Saudi.

Ilustrasi Mada'in Saleh. Source

Menurut sejarah, Mada'in Saleh merupakan kota yang pernah di tinggali Kaum Tsamud sekitar 300 tahun sebelum masehi. Karena angkuh dan sombong, kaum ini akhirnya dikutuk. Bangunan- bangunan yang ada di kotanya hancur.

Hingga sekarang, pemandangan Mada'in Saleh dikenal dengan nama Al-Hijr atau bukit bebatu. Meskipun pernah dikutuk, tempat ini sangatlah indah. Banyak bangunan bersejarah yang dihiasi oleh ukiran, menara, dan saluran air. Selain itu, terdapat 132 kamar dan kuburan yang tersimpan dalam bangunan ini.

Kini Mada'in Saleh menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO sejak 2008 dan menjadi situs warisan dunia pertama di Arab Saudi. Untuk mencapai bangunan bersejarah ini bisa dengan kendaraan bermotor menempuh jarak 450 km dengan waktu tempuh 4 jam dari Madinah.

Ilustrasi Mada'in Saleh. Source

Salah satu tempat bersejarah yang patut lo jelajahi bro. Setiap tempat sejarah memiliki cerita dan pelajaran yang selalu bisa dipetik. Ada baiknya untuk selalu memetik pelajaran dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan. 

Featured Image

Sumber