Mengunjungi Air Terjun Maribaya di Utara Bandung

Dilihat 586 kali

Seakan tidak mau kalah dengan bagian selatan Bandung yang memiliki kawah putih Ciwidey yang mempesona, bagian utara Bandung juga memiliki sebuah lokasi wisata yang tidak kalah indahnya yaitu Maribaya. Kawasan Maribaya yang dahulu cukup terkenal dengan pemandian air panasnya, akhir-akhir ini semakin terkenal dengan alamnya yang asri dengan beberapa air terjun yang mempesona.

Di kawasan Maribaya yang berlokasi di sekitar 20 km dari Bandung kota atau 5 km dari Lembang ini para pengunjung lebih senang mengagumi air terjun ketimbang wisata lainnya. Menikmati indahnya air terjun sembari menyantap jagung bakar yang banyak dijual di Maribaya pasti akan mampu mengatasi kepenatan setelah bekerja seminggu penuh.

Air Terjun Maribaya
Terdapat 3 Air Terjun

Di kawasan Maribaya terdapat 3 air terjun (curug) yang bisa Anda nikmati keindahannya, yaitu Curug Cikoleang, Curug Cikawari, dan Curug Cigulung. Yang menarik, semua air terjun tersebut bersumber dari dua sungai, Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung. Selain air terjun, jika Anda ingin mencicipi berendam di air panas alami bisa berendam di kolam pemandian air panas yang memang disediakan di kawasan wisata Maribaya. Menurut beberapa orang, kolam pemandian air panas tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Asal Muasal Maribaya

Nama Maribaya berasal dari nama seorang putri yang berparas cantik. Konon karena sangat cantik, putri tersebut menjadi rebutan para pemuda. Karena ayah putri tersebut tergolong kurang mampu maka ia bertapa di Tangkuban Perahu memohon petunjuk untuk melindungi putrinya. Saat bertapa itulah ia mendapat petunjuk untuk menumpahkan bokor di tengah hutan. Setelah ditumpahkan, muncullah air panas dari dalam tanah dan akhirnya air tersebut digunakan untuk menyembukan penyakit.

Air Terjun Maribaya
Perjalanan Menuju Maribaya

Untuk menuju kawasan wisata Maribaya, pengunjung bisa melewati tol pasteur kemudian belok kiri ke jalur yang mengarah ke arah Lembang. Setelah sampai di Lembang, lanjutkan perjalanan Anda ke arah timur yang mengarah ke kawasan wisata Maribaya. Jika Anda menggunakan angkutan kota, pilih angkutan kota jurusan Ledeng, kemudian dari Ledeng ganti angkutan kota jurusan Lembang. Setibanya di Lembang, Anda bisa naik angkutan kota jurusan Maribaya. Dari Lembang menuju Maribaya akan ditempuh dalam waktu 30 menit.